Senin, 30 Sep 2019 07:35 WIB

Usai Sarapan Kok Jantung Berdebar? Hal Ini Bisa Jadi Alasannya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Jantung berdebar usai sarapan bisa disebabkan karena makanan. (Foto: iStock) Jantung berdebar usai sarapan bisa disebabkan karena makanan. (Foto: iStock)
Jakarta - Kamu baru saja selesai sarapan, tapi kok tiba jantung berdebar-debar? Ada banyak hal yang bisa jadi alasannya, kebanyakan dipengaruhi dari makanan.

Jantung yang berdebar bukan hanya terjadi karena ada hal yang membuatmu stres atau melakukan hal berat. Selain itu juga bukan selalu tanda dari hal yang serius.

Dirangkum dari Health Line, beberapa penyebab terbesar terkait dengan pengalaman saat makan. Jantung berdebar bisa terjadi karena menelan makanan, dan saat kamu bangkit dari kursi usai makan.


Emosi juga bisa memicu rasa berdebar-debar, apalagi misalnya saat waktu makan menyebabkan rasa cemas atau stres. Selain itu ada beberapa alasan lain seperti kadar potasium yang rendah, dehidrasi, hipoglikemia, makanan tinggi karbohidrat dan gula olahan, alkohol, alergi makanan, dan makanan tinggi sodium.

Makanan mengandung monosodium glutamate (MSG) belum bisa dipastikan menyebabkan rasa berdebar juga. Sementara, jika kamu terbiasa sarapan dengan kopi atau teh, sebuah studi tahun 2016 justru membuktikan kafein tidak menyebabkan rasa berdebar, malah bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Kemudian yang bisa jadi penyebab lain adalah perubahan drastis pada hormon. "Pada wanita, melalui siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause berdampak pada kadar hormon, dan perubahan ini memberikan dampak yang dapat terlihat pada detak jantung," tutup situs tersebut.



Simak Video "3 Ide Sarapan Sehat yang Simple ala Petite Diva"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)