Senin, 30 Sep 2019 11:57 WIB

Sedot Lemak Seperti Salmafina, Bisa Bikin Kurus atau Cuma Body Contouring?

Michelle Natasya - detikHealth
Salmafina Sunan dikabarkan baru saja sedot lemak (Foto: Palevi S/detikFoto) Salmafina Sunan dikabarkan baru saja sedot lemak (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta - Salmafina Sunan, putri pengacara Sunan Kalijaga belakangan tengah menjadi sorotan. Perempuan yang akrab dipanggil Alma ini baru saja menjalani treatment liposuction atau sedot lemak.

Banyak orang yang menjalankan sedot lemak karena bercita-cita ingin kurus. Dalam perbincangan dengan detikcom, dr Teuku Adifitrian, SpBP alias dr Tompi pernah menjelaskan bahwa prosedur liposuction atau sedot lemak bukan untuk kurus, melainkan untuk membentuk badan lebih proporsional.

"Liposuction atau sedot lemak itu adalah prosedur untuk orang gemuk tapi bentuknya gak karuan. Misalkan pinggang gak keliatan, lengan, atau leher yang terlalu besar dan penuh. Nah, ini kita sedot bagian lemak yang gak mau. Jadi dia body contouring, membentuk badan," jelas Tompi.



Prosedur sedot lemak sebenarnya sederhana. Biasanya dokter akan membuat lubang kecil pada area tubuh yang akan disedot lemaknya untuk memasukkan canulla seperti sedotan kecil untuk menghancurkan lemak. Setelah lemak hancur, baru kemudian lemak tersebut disedot keluar.

Dokter Tompi menjelaskan terdapat beberapa jenis liposuction yaitu dengan cara konvensional, PAL (Power Asssited Liposuction) system, dan laser. Tompi sendiri lebih suka menggunakan kombinasi PAL system dan laser untuk hasil yang lebih baik.



Simak Video "Merasa Jadi Korban Malapraktik Liposuction, Irene Tempuh Jalur Hukum"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)