Senin, 30 Sep 2019 12:29 WIB

Manfaat Menggambar untuk Kurangi Penat Seperti Dilakukan Ridwan Kamil

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ridwan Kamil menjalani terapi gambar. (Foto: Instagram @ridwankamil) Ridwan Kamil menjalani terapi gambar. (Foto: Instagram @ridwankamil)
Jakarta - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Kang Emil memilih painting theraphy atau terapi gambar untuk mengurangi penat. Kegiatan tiap Minggu sore tersebut dituliskan Kang Emil dalam unggahan Instagramnya @ridwankamil.

"Sudah sebulan saya belajar melukis dalam rangka melakukan painting therapy. Mengurangi kepenatan padatnya kedinasan dengan mewarnai imajinasi di setiap minggu sore," tulis Kang Emil.


Dikutip dari situs verywellmind, menggambar adalah bagian dari terapi seni yang menggabungkan teknik psikoterapi dan proses kreatif untuk memperbaiki serta menjaga kesehatan mental. American Art theraphy Association (AATA) menjelaskan tujuan terapi seni adalah menggunakan proses kreatif untuk membantu mengeksplorasi berbagai ekspresi dalam diri.

Selain menggambar, bentuk terapi seni lain adalah mewarnai, memahat, atau membuat kolase. Terapis seni akan menganalisa hasil proses kreatif dan yang dirasakan usai menghasilkan bentuk tertentu. Dari proses ini, mereka yang melakukan terapi seni bisa mengerti konflik atau kondisi tertentu yang mempengaruhi kondisi mentalnya.

Selanjutnya, seseorang diharapkan bisa membangun mekanisme baru untuk menjaga dan memperbaiki kondisi mental serta emosinya. Tentunya, seseorang yang ingin melakukan terapi seni tidak perlu punya keahlian tertentu. Terapi yang juga bisa memperbaiki cara seseorang menghargai dirinya ini bisa dilakukan berbagai tingkatan usia.



Simak Video "Kata Dokter Jiwa soal Ramai 'Keluhan' Pasca Nonton Joker"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)