Senin, 30 Sep 2019 15:45 WIB

Hernia: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Puti Yasmin - detikHealth
Hernia: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati/Foto: ilustrasi/thinkstock Hernia: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati/Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Hernia biasa dikenal dengan istilah turun berok. Penyakit ini biasa menyerang laki-laki, terutama anak kecil. Nah, apa saja penyebab, gejala serta cara mengobati hernia? Yuk simak.

Penyakit hernia tak bisa dianggap sepele. Pasalnya, bila hernia telah terjadi pada seseorang maka berbahaya mematikan usus.




Berikut fakta-fakta hernia yang dirangkum detikHealth:

1. Penyebab

Penyebab hernia dikarenakan melemahnya lapisan otot dinding perut. Akibat lemahnya lapisan otot, dinding rongga membentuk kantong dengan lubang kecil dan bisa menyebabkan usus melorot melalui lubang tersebut.

Selain itu, melemahnya lapisan otot dinding perut biasanya berkaitan dengan usia, batuk kronis, bawaan lahir, dan cedera di perut. Hernia juga bisa disebabkan kebiasaan mengangkat beban berat, mengejan, hingga penumpukan cairan di rongga perut.

2. Gejala

Gejala hernia membuat nyeri pada bagian perut bawah, rasa sakit semakin menjadi ketika seseorang batuk, mengejan atau mengangkat beban. Kemudian, gejala hernia lain munculnya benjolan di selangkangan hingga sakit yang menyebabkan demam.



3. Cara Mengobati

Ada berbagai pilihan untuk mengobati hernia. Biasanya, bila benjolan hernia masih berukuran kecil ada kemungkinan untuk pulih sendiri asalkan tidak melakukan banyak kegiatan seperti mengejan dan angkat beban berat.

Namun, jika hernia semakin besar maka disarankan berkonsultasi dengan dokter untuk tindakan operasi atau tidak. Operasi hernia biasanya akan membantu mengembalikkan usus ke posisi semula.

4. Jenis
Ada 5 jenis hernia yang bisa terjadi pada seseorang. Pertama hernia inguinal biasa terjadi pada pria, hernia femoral biasa terjadi pada wanita, hernia umbilikal lebih banyak pada anak-anak, hernia insisional terjadi setelah operasi, dan hernia hiatus.

Simak Video "Cara Jaga Kesehatan Mata saat Gunakan Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)