Senin, 30 Sep 2019 23:11 WIB

Dalam Kondisi Ini Jamur Biang Gatal Bisa Berkembang di Kulit

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Bukan hanya karena berolahraga, melainkan cuaca panas pun juga bisa membuat kita berkeringat. Tahukah Anda kalau kita berkeringat, tubuh otomatis menjadi lebih lembap.

Kondisi lembap ini juga bisa memicu munculnya gatal jamur di tubuh kita. Inilah yang harus kita hindari.

"Kelembaban kulit dapat meningkat karena kondisi di sekitarnya yang juga lembap dan panas. Selain itu, kondisi lainnya seperti tubuh sering berkeringat dan tidak kering, penggunaan pakaian yang tidak mudah menyerap keringat, hingga menggunakan sepatu tertutup dalam jangka lama," ujar Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi, kepada detikHealth baru-baru ini.


"Apalagi iklim tropis seperti Indonesia yang memiliki suhu panas dan kelembaban tinggi sangat baik untuk jamur berkembang biak," imbuhnya.

Menurut dr Helmin, lembapnya udara merupakan pendukung bagi tumbuh dan berkembangnya jamur. Saat kondisi kulit lembap, jamur pun mudah menghinggapi kulit melalui media seperti pakaian, sepatu, dan handuk.

"Jika kondisi kulit tidak baik, maka jamur tersebut akan mudah berkembang biak dan memperluas area infeksinya sehingga timbul gatal jamur. Kondisi kulit yang terlalu lembab dan suhu lingkungan panas menunjang pertumbuhan jamur dan mempermudah meningkatnya jamur yang parah," jelasnya.

Meski begitu, lingkungan yang lembab dapat disiasati dengan menjaga kebersihan lingkungan dan memberi ventilasi yang cukup. Sementara dari sisi tubuh kita, upayakan badan jangan terlalu lembab dengan mandi secara berkala dan keringkan seluruh badan dengan benar, terutama daerah-daerah yang ada lipatannya. Misalnya lipatan ketiak, selangkangan, dan lipatan sekitar payudara.


"Kondisi tubuh terlalu lembap juga bisa diatasi dengan menggunakan baju dari bahan katun atau bahan yang menyerap keringat, dan longgar. Hindari pakaian yang terlalu ketat, agar dapat mencegah kelembaban tubuh sehingga tidak mudah untuk jamur berkembang biak," ujarnya.

Jika Anda sudah terlanjur terserang gatal karena jamur, maka atasi langsung dengan anti jamur, bunuh jamurnya sehingga gatalnya pun hilang. Salah satu obat anti jamur adalah Kalpanax Krim yang dapat membantu mengobati infeksi jamur dan meredakan gatal-gatal dan keluhan lain pada kulit akibat jamur. Krim ini mengandung Myconazole Nitrate 2% yang terbukti secara klinis 99% ampuh mengatasi jamur kulit langsung ke akarnya.

Simak Video "Makan Sate Biawak untuk Menambah Vitalitas Pria"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)