Selasa, 01 Okt 2019 08:30 WIB

Mau Efek Liposuction Seperti Salmafina Sunan Tahan Lama? Ini Syaratnya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Salmafina Sunan disebut menjalani prosedur sedot lemak. (Foto: Palevi S/detikFoto) Salmafina Sunan disebut menjalani prosedur sedot lemak. (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta - Salmafina Sunan baru saja melakukan prosedur liposuction alias sedot lemak yang diunggah dalam akun Instagramnya. Warganet menunjukan reaksi beragam mulai dari memuji hingga penasaran dengan prosedur medis tersebut.

Menurut dokter ahli bedah plastik Dr dr Fonny Josh, SpBP-RE(K), liposuction adalah salah satu tindakan medical tourism. Tujuannya adalah menciptakan body contour, sehingga tubuh atau beberapa bagiannya terlihat lebih baik.

"Dengan tujuan itu, maka efek liposuction bisa bertahan lama ya. Bisa selamanya, asal dibarengi dengan tindakan menjaga pola hidup sehat. Bisa dengan olahraga atau makan sehat supaya hasilnya tetap baik," kata dr Fonny.


Hal senada dikatakan dokter bedah plastik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) Prof dr Chaula L Sukasah, SpB, SpBP. Menurutnya, pola hidup sehat tetap jadi pilihan utama untuk mencapai berat badan ideal.

"Ingat ya liposuction bukan untuk kurus. Untuk punya berat badan ideal bisa dengan diet atau olahraga, bukan dengan sedot lemak," kata dr Chaula.

Liposuction dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah lemak yang ditinggalkan dalam tubuh. Jika terlalu banyak demi tubuh lebih kurus, kulit bisa terlihat seperti daging tetelan yang keriput. Berat badan ideal bisa dicapai dengan olahraga rutin, rutin makan sayur dan buah, serta olahraga.



Simak Video "Merasa Jadi Korban Malapraktik Liposuction, Irene Tempuh Jalur Hukum"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)