Rabu, 02 Okt 2019 14:03 WIB

Ayah Beyonce Mengidap Kanker Payudara, Penyakit Langka Bagi Pria

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ayah Beyonce berjuang melawan kanker payudara. (Foto ilustrasi: Dok. Getty Images) Ayah Beyonce berjuang melawan kanker payudara. (Foto ilustrasi: Dok. Getty Images)
Jakarta - Ayah superstar Beyonce, Mathew Knowles, mengidap kanker payudara. Penyakit ini mungkin tidak asing bagi wanita, namun termasuk langka bagi pria.

Dikutip dari US Weekly, Mathew mengungkapkan kondisinya dalam potongan acara Good Morning America (GMA). Namun GMA belum mengeluaran kutipan resmi dari acara yang dipandu Michael Strahan tersebut.

"Saya akan muncul di @GMA besok dengan pengumuman spesial. Saksikan," tulis Mathew dalam akun Twitter miliknya @MathewKnowles.


Dikutip dari Daily Mail, Mathew menjelaskan kondisinya tepat di hari pertama perayaan Bulan Kesadaran Kanker Payudara atau Breast Cancer Awareness pada Oktober. Saking langkanya, angka kejadian kanker payudara pria mungkin setara 1:1000 berbanding terbalik dengan wanita.

Di Inggris, kanker payudara pada pria mungkin hanya dua ribu kasus setahun. Jumlah ini lebih sedikit daripada yang terjadi pada wanita sebanyak 270 ribu per tahun. Namun, angka kematian akibat kanker payudara pada pria lebih tinggi daripada wanita.

Sekitar 91 persen wanita dengan kanker payudara mampu bertahan hingga lima tahun. Sedangkan pada pria hanya 84 persen sejak menerima diagnosa. Hal ini mungkin berkaitan dengan faktor seperti pria kurang sadar terhadap gejala kanker payudara yang dialaminya.

Perubahan jaringan payudara pada pria yang mengalami kanker memang tidak terlihat. Pria juga biasanya malu mengakui jika ada perubahan di payudaranya. Umumnya, tumor payudara pada pria biasanya terbentuk di bawah puting atau yang biasa disebut areola.

Gejala kanker payudara lain pada pria sama dengan yang terjadi pada wanita. Gejala ini meliputi ada benjolan, jaringan yang terasa lebih tebal, lunak, dan terjadi iritasi. Selain itu, ditemukan kerutan dan keluar cairan dari payudara.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)