Kamis, 03 Okt 2019 06:45 WIB

Sering Delusi atau Halusinasi? Waspadai Kemungkinan Skizofrenia Seperti Joker

Michelle Natasya - detikHealth
Skizofrenia ditandai dengan gejala psikosis seperti halusinasi dan delusi (Foto: Joker) Skizofrenia ditandai dengan gejala psikosis seperti halusinasi dan delusi (Foto: Joker)
Jakarta - Siapa yang tak kenal sosok Joker, musuh Batman yang 'gila'? Joker merupakan karakter penjahat fiksi yang diciptakan oleh DC Comics. Filmnya pun sudah tayang perdana di bioskop Indonesia pada 2 Oktober 2019.

Joker merupakan karakter penjahat dengan sejumlah gangguan mental, salah satunya adalah skizofrenia. Skizofrenia merupakan gangguan mental kronis yang memengaruhi seseorang dalam berpikir, bertindak, mengekspresikan emosi, memahami realitas, dan berhubungan dengan orang lain.

Seorang pengidap skizofrenia biasanya mengalami gejala psikotik yang tidak didasari pada kenyataan. Mereka seringkali kehilangan kontak dengan kehidupan nyata. Dikutip dari WebMD, terdapat beberapa gejala psikotik yang biasanya dialami penderita skizofrenia, sebagai berikut :



1. Delusi: Delusi merupakan keyakinan yang salah, campuran, dan terkadang aneh yang tidak didasarkan pada kenyataan. Orang dengan delusi biasanya menolak untuk percaya kenyataan, meski sudah ditunjukkan fakta-faktanya. Sebagai contoh, seseorang dengan delusi mungkin percaya bahwa orang dapat mendengar pikiran mereka atau bahwa orang menaruh pikiran ke kepala mereka dan berkomplot melawan mereka.

2. Halusinasi: Ini melibatkan sensasi yang tidak nyata. Mendengar suara-suara adalah halusinasi yang paling umum pada orang dengan skizofrenia. Suara-suara dapat mengomentari perilaku mereka, menghina mereka, atau memberi perintah. Jenis yang kurang umum termasuk melihat hal-hal yang sebenarnya tidak ada , mencium bau aneh, dan merasakan sensasi pada kulit meskipun tidak ada yang menyentuh mereka.

3. Catatonia: Dalam kondisi ini, orang biasanya dapat tiba-tiba berhenti berbicara dan tubuh mereka mungkin tetap dalam satu posisi untuk waktu yang sangat lama.

Terdapat beberapa gejala lain skizofrenia seperti berbicara tidak jelas, sering melakukan gerakan diulang-ulang, sulit berkonsentrasi, sulit memahami informasi dan mengambil keputusan, menarik diri dari lingkungan, sulit memahami kenyataan, dan tidak menyadari bahwa mereka mengalami gangguan.



Simak Video "Respons BPJS Kesehatan yang Disomasi Gara-gara 'Pakai' Joker"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)