Kamis, 03 Okt 2019 09:50 WIB

Punya Penyakit Kronis dan Tidur Kurang dari 6 Jam Jadi Kombo Mematikan

Firdaus Anwar - detikHealth
Hati-hati kalau tidur kamu kurang dari enam jam. (Foto: Shutterstock) Hati-hati kalau tidur kamu kurang dari enam jam. (Foto: Shutterstock)
Jakarta - Orang-orang yang memiliki kondisi kronis seperti hipertensi, diabetes, atau penyakit jantung sebaiknya perhatikan betul waktu istirahatnya. Hal ini karena studi terbaru menyebut kombinasi kondisi kronis dan tidur kurang dari enam jam bisa membuat seseorang rentan mengalami kematian dini.

Studi yang dipublikasi dalam jurnal American Heart Association mendapatkan kesimpulan tersebut setelah memeriksa data dari 16 ribu orang dewasa berusia 20-74 tahun.

Diketahui seseorang dengan kondisi hipertensi atau diabetes tipe 2 berisiko dua kali lipat meninggal karena penyakit jantung ketika kurang tidur.


"Ini adalah studi keempat, termasuk studi lain dari kami, yang menunjukkan bahwa tidur kurang dari enam jam sehari bisa berkembang menjadi masalah arteri dan kematian karena penyakit kardiovaskular," kata ahli kardiologi Valentin Fuster dari Mount Sinai Heart seperti dikutip dari CNN, Kamis (3/10/2019).

Menurut peneliti risiko kematian dini tersebut tidak ditemukan bila seseorang tidur lebih dari enam jam sehari. Peneliti sudah mempertimbangkan faktor lain seperti apnea tidur, kesehatan mental, hingga kebiasaan merokok.

"Tapi tidur lebih dari delapan jam juga tidak baik. Jadi sepertinya ada jendela kesempatan tertentu agar tidur kita sehat," kata Valentin.



Simak Video "Cara Murah dan Mudah Hindari Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)