Kamis, 03 Okt 2019 10:30 WIB

10 Olahraga Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat

Rizky Wika Shintya Devi - detikHealth
Olahraga mengecilkan perut. Foto: iStock Olahraga mengecilkan perut. Foto: iStock
Jakarta - Perut buncit menjadi salah satu masalah untuk penampilan. Untuk mendapatkan perut ramping tentu diperlukan beberapa usaha. Olahraga mengecilkan perut buncit bisa kamu coba.

Olahraga menjadi salah satu kunci penting untuk mendapatkan perut ramping. Dengan berolahraga secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi minimal 30 menit, maka kamu akan terhindar dari penumpukan lemak di bagian perut.

Berikut ini ulasan gerakan olahraga mengecilkan perut yang dirangkum oleh detikcom:

1. Bersepeda

Olahraga mengecilkan perut ini baik dilakukan oleh pria ataupun wanita. Bersepeda selama 30 menit mampu membakar kalori sekitar 300 kalori. Selain menghilangkan perut buncit, olahraga ini juga melatih otot paha dan tungkai kaki agar lebih kuat. Sebaiknya lakukan bersepeda di pagi hari ya supaya bisa menghirup udara segar sebelum terpapar polusi kendaraan.

2. Renang

Renang merupakan termasuk olahraga tanpa memberikan beban pada titik tumpuan tertentu dari tubuh sehingga kamu akan tetap nyaman tanpa membebani kaki untuk menopang badan. Saat berenang, banyak sekali anggota tubuh yang bergerak sehingga lengan dan paha juga bisa mendapatkan manfaat tersebut.

3. Senam Aerobik

Olahraga ini dapat membakar kalori secara bertahap dan konsisten sehingga olahraga ini mempertahankan unsur-unsur penting dari aktivitas fisik yang baik, seperti gerakan pemanasan, inti, hingga pendinginan. Hal tersebut dapat mencakup oksigen yang dipakai lebih efektif untuk membakar lemak. Sehingga dapat membantu perut (https://www.detik.com/tag/cara-mengecilkan-perut) lebih rata.

Olahraga untuk mengecilkan perut buncit.Olahraga untuk mengecilkan perut buncit. Foto: iStock

4. Jogging

Olahraga ini termasuk mudah untuk dilakukan bahkan untuk para pemula. Kamu bisa mengkombinasikan secara bertahap mulai dari berjalan perlahan hingga berlari dimulai 20 menit per hari selama 4 hari dalam sepekan. Prinsip olahraga ini yang terpenting ialah tetap bergerak karena kalori yang ada di dalam tubuh akan terbakar meski secara bertahap. Tapi, jika kamu memiliki jadwal yang padat, kamu bisa menggantinya dengan naik turun tangga.

5. Olahraga yang Memakai Raket

Mulai dari olahraga bulu tangkis, tenis, atau ping pong, semua jenis latihan yang menggunakan raket membuat seseorang akan menggerakkan tangannya lebih banyak untuk digerakkan. Gerakan tangan secara intensif ini yang mampu mengencangkan perut.

6. Zumba

Bosan dengan gerakan yang itu-itu saja? Kamu bisa mencoba senam zumba nih Detikers. Zumba sendiri cocok untuk meratakan perut buncit, karena dalam 1 jam bisa membakar sekitar 1.000 kalori dalam tubuh. Dengan iringan musik yang bisa membuat semangat untuk bergerak, pastinya gerakan apa pun akan terasa menyenangkan dan mudah diikuti.

Olahraga mengecilkan perut buncit.Olahraga mengecilkan perut buncit. Foto: BBC Magazine

7. Seni Bela Diri (Martial Arts)

Meskipun tujuan utamanya ialah untuk melindungi diri, tetapi kini banyak yang ikut mencoba olahraga ini untuk membentuk otot tubuh terutama otot perut. Semua gerakannya pun membuat tubuh lebih sigap dan kuat karena variasi gerakan seperti meninju, menendang, menangkis serangan dan lain-lain sehingga pastinya otot-otot akan ikut terbentuk termasuk otot perut.

8. Teknik Hula Hoop

Berawal dari permainan, kini tergolong salah satu jenis olahraga loh. Dengan memutarkan hula hoop pada perut, faktanya cukup efektif dalam membakar kalori terutama area perut dan pinggang. Tak hanya senang yang didapat, secara tidak langsung perut juga terlatih aktif untuk bergerak dan lemak di perut secara efektif dapat hilang.

9. Elliptical Trainer

Jika kamu sempat berkunjung ke tempat gym, kamu pasti akan mengenali bentuk olahraga Ellipptical Trainer ini. Cara olahraga satu ini memiliki 3 perpaduan, antara lain ialah jalan cepat, bersepeda dan naik-turun tangga. Selain memberantas lemak perut, kamu juga merampingkan tubuh sekaligus.

10. Gerakan Olahraga Pembentuk Otot Perut

Ada beberapa gerakan olahraga yang berfokus untuk membakar lemak di area perut. Gerakan-gerakan tersebut adalah sit up, back up, sikap lilin dan bicycle crunches. Kamu bisa melakukan olahraga mengecilkan perut sebelum tidur ini secara berurutan dan bertahap.

Jadi olahraga mengecilkan perut seperti apa yang akan kamu coba?



Simak Video "Lelah Dengan Tekanan Sosial? Jangan Malu Curhat ke Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)