Kamis, 03 Okt 2019 12:30 WIB

Dialami Juga oleh Joker, Ini yang Dimaksud Mental BreadTalk, Eh... Breakdown!

Widiya Wiyanti - detikHealth
Joker juga mengidap mental breakdown. Foto: Joker Joker juga mengidap mental breakdown. Foto: Joker
Jakarta - Wah, hastag #mentalbreadtalk menggema di media sosial. Ini ramai diperbincangkan karena adanya percakapan netizen yang salah ketik dari mental breakdown menjadi mental breadtalk. Ada-ada saja ya!

Salah satu tokoh yang mengalami mental breakdown adalah Joker, tokoh penjahat Arthur Fleck yang dikisahkan sebagai musuh Batman. Mental breakdown yang dialami Joker berhubungan dengan gangguan jiwa skizofrenia yang diidapnya. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan mental breakdown?

Foto: istimewa/twitter


Dikutip dari Medical News Today, mental breakdown adalah gangguan mental yang disebabkan adanya stres emosional dan fisik. Gangguan mental terjadi dalam kehidupan seseorang ketika stres dan tekanan yang mereka alami meningkat sehingga mereka tidak bisa lagi mengatasinya dan mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

Istilah ini digunakan untuk merujuk pada berbagai macam penyakit mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, dan gangguan stres pasca trauma atau PTSD.



Saat seseorang mengalami mental breakdown, mungkin mereka akan mengalami gejala dengan adanya perubahan fisik, psikologis, dan perilaku. Tanda-tandanya bervariasi pada setiap orang. Namun secara umum, gejalanya bisa meliputi:

- Gejala depresi, seperti kehilangan harapan dan adanya pikiran bunuh diri.
- Kecemasan
- Insomnia
- Halusinasi
- Perubahan suasana hati yang ekstrem
- Serangan panik
- Paranoia
- Menarik diri dari lingkungan

Penyebabnya pun bisa berbeda-beda, misalnya adanya tekanan kerja yang berlebihan, trauma peristiwa yang tidak menyenangkan, masalah hidup yang terlalu berat, atau bahkan sekedar kekurangan waktu tidur.

Jika muncul gejala-gejala di atas dalam kurun waktu lebih dari dua minggu, sebaiknya kunjungi dokter kejiwaan atau psikolog untuk berkonsultasi. Mungkin saja kamu mengalami mental breadtalk... Eh breakdown!



Simak Video "Respons BPJS Kesehatan yang Disomasi Gara-gara 'Pakai' Joker"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)