Kamis, 03 Okt 2019 17:53 WIB

Tak Ingin Kena Sakit Jantung? Ini Makanan yang Disarankan Dokter

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Mengubah pola makan dan gaya hidup bisa mencegah sakit jantung. Foto ilustrasi: Thinkstock Mengubah pola makan dan gaya hidup bisa mencegah sakit jantung. Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Penyakit jantung dapat dihindari dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Salah satunya adalah beralih ke makanan-makanan sehat, seperti ikan laut dalam.

Olahan ikan salmon atau ikan-ikan perairan dalam lainnya dapat membuat seseorang terhindar dari penyakit jantung, lho.

"Memang betul, ikan laut dalam bisa membantu menurunkan risiko serangan jantung karena menurunkan kolesterol jahat. Dia juga kaya protein," kata spesialis jantung dr Vito A Damay, SpJP(K), Mkes, FIHA, FICA.


Dia juga menyarankan agar mengombinasikan ikan dengan sayur-sayuran.

"Kalau kita makan, setengahnya harusnya berisi sayuran. Lalu proteinnya setelapak tangan kita, dan karbohidrat sekepalan tangan," kata dr Vito.

Konsumsi buah yang cukup juga dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung. Berkebalikan dengan itu, untuk menjaga kesehatan jantung sebaiknya seseorang mengurangi makan gorengan dan juga panganan minuman manis.

Intinya, kita harus menjalankan diet seimbang gizi agar kesehatan terjaga. Apa sih itu? Yuk, simak video Bincang Sehat berikut ini!

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)