Kamis, 03 Okt 2019 18:26 WIB

Cara Menghilangkan Jerawat di Wajah dengan Bahan Alami

Niken Widya Yunita - detikHealth
Cara Menghilangkan Jerawat di Wajah dengan Bahan Alami/Foto: iStock Cara Menghilangkan Jerawat di Wajah dengan Bahan Alami/Foto: iStock
Jakarta - Ketika ada jerawat di wajah, kita pasti ingin selalu cepat-cepat menghilangkannya untuk meningkatkan percaya diri. Cara menghilangkan jerawat di wajah dengan bahan alami selalu menjadi pilihan.

Terkadang kita bingung untuk memakai obat jerawat yang tepat. Karena itu kita mencoba menggunakan obat jerawat dengan bahan alami.



1. Es Batu

Es batu merupakan bahan alami menghilangkan jerawat di wajah. Jerawat yang bisa dihilangkan dengan es batu yakni jerawat batu.

Jerawat batu berakar sangat dalam di bawah kulit dan bisa timbul di dagu. Saat jerawat batu muncul, kompres wajah dengan es batu selama beberapa menit. Cara ini akan mengurangi kemerahan dan memperkecil ukuran jerawat yang muncul.

2. Putih telur

Putih telur dapat mengatasi jerawat di wajah. Jerawat pasir sama dengan jerawat biasa. Bedanya, jerawat ini kecil-kecil, berisi nanah atau lemak, kotoran, dan datang secara bergerombol.

Jika jerawat meradang, biasanya berwarna kemerahan. Jerawat ini biasanya timbul di bagian pipi atau dahi. Hal ini karena dahi termasuk dalam zona T, yakni bagian di wajah yang produksi minyaknya besar.

Cara memanfaatkan putih telur yakni sebagai masker jerawat. Oleskan putih telur ke area yang berjerawat, lalu diamkan sekitar 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

3. Lemon dan Madu

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami lainnya adalah dengan menggunakan masker madu dan lemon. Pertama, siapkan lemon dan potong menjadi dua bagian. Peras lemon dan campur airnya dengan madu.

Setelah itu oleskan dengan kapas bersih campuran lemon dan madu tersebut pada area wajah yang berjerawat dan diamkan sampai mengering selama kurang lebih 15 menit. Ulangi cara ini seminggu 3 kali.

4. Mentimun

Mentimun dapat menghilangkan jerawat dan bekasnya. Cara perawatannya yakni dengan masker mentimun. Pertama cuci timun sampai bersih. Lalu iris menjadi potongan tipis-tipis. Kemudian tempelkan pada seluruh wajah atau area yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Agar maksimal, pakai masker mentimun ini dua kali dalam seminggu.

5. Bawang Putih

Bawang putih dipercaya untuk menghilangkan jerawat secara alami. Hal ini karena bawang putih mengandung zat sulfur. Cara perawatannya yakni ambil 1 siung bawang putih dan potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu tempelkan pada jerawat dan tunggu sekitar 15 menit kemudian bersihkan.



Selain bahan alami, kita perlu merawat wajah untuk menghilangkan jerawat. Berikut cara merawat wajah untuk menghilangkan jerawat:

1. Cuci Muka Rutin

Cuci muka secara rutin dengan sabun lembut. Bersihkan wajah dua kali sehari setelah menggunakan make-up.

2. Gunakan Toner

Hal yang tidak boleh dilupakan untuk membantu menghilangkan jerawat secara alami yakni dengan mengoleskan toner ke wajah. Toner bisa membantu membersihkan kotoran dan sisa make-up yang masih menempel di wajah, membantu mengembalikan pH kulit, mencegah kulit kering, dan mengurangi produksi minyak.

3. Pakai Pelembap dan Tabir Surya

Penting untuk mengoleskan pelembab demi menjaga kelembapan kulit wajah. Kondisi wajah yang lembap akan menghambat peningkatan produksi minyak sehingga munculnya jerawat dapat dicegah.

Setelah pelembap, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya. Hal ini karena sinar matahari dapat memperparah jerawat.

Itulah cara menghilangkan jerawat secara alami di wajah. Kamu pun tidak akan kehilangan rasa percaya diri akibat jerawat yang timbul.




Simak Video "Lelah Dengan Tekanan Sosial? Jangan Malu Curhat ke Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)