Kamis, 03 Okt 2019 19:34 WIB

Cara Mengobati Sakit Gigi yang Ampuh

Abdul Jalil - detikHealth
Cara Mengobati Sakit Gigi yang Ampuh /Foto: istock Cara Mengobati Sakit Gigi yang Ampuh /Foto: istock
Jakarta - Sakit gigi memang masalah umum yang kerap menyiksa, dan mengganggu aktivitas seseorang. Ingin tahu cara mengatasi sakit gigi secara alami maupun dengan obat?

Umumnya, sakit gigi disebabkan oleh masalah gigi berlubang, gigi sensitif, tumbuhnya gigi bungsu geraham, gigi retak, dan masalah lainnya. Tentunya, dalam situasi seperti ini, obat sakit gigi menjadi salah satu solusi untuk meradakan sakit, dan ngilu yang dialami ketika sakit gigi menyerang.

Bagi orang dewasa yang tanpa ada riwayat penyakit tertentu, tidak masalah bila menggunakan obat-obat kimia dari dokter maupun apotik. Namun, bagi anak-anak yang seharusnya tidak banyak mengkonsumsi obat kimia, perlu mencoba cara alami terlebih dahulu.

Nah, detikHealth merangkum cara mengobati sakit gigi yang ampuh, secara alami dan dengan obat.



1. Air Garam

Cara pertama mengobati sakit gigi adalah dengan air garam, bahan alami ini cukup mudah didapat dan biasa digunakan di rumah. Caranya, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

Air garam adalah desinfektan alami, dan dapat membantu melonggarkan sisa makanan yang tersangkut di antara gigi. Berkumur menggunakan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan, dan menyembuhkan luka mulut.

2. Bawang Putih

Bahan alami di rumah selanjutnya yang digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah Bawang putih. Untuk menggunakan cara ini, hancurkan bawang putih dan oleskan di sekitar gigi yang sakit. Tambahkan sedikit garam, atau bisa juga perlahan mengunyah satu siung bawang putih segar.

Bawang putih diyakini berkhasiat mengobati sakit gigi, dan dapat meredakan nyeri. Serta dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi.

3. Kompres Dingin

Cara berikutnya adalah, dengan mengompres pada bagian yang sakit atau ngilu menggunakan air dingin. Ketika mengompres dengan air dingin, pembuluh darah di daerah itu akan mengerut. Ini membuat rasa sakit tidak terlalu parah.

Untuk mengompres dengan air dingin, pegang kantong es yang dibungkus handuk ke tempat yang terkena sakit gigi selama 20 menit. Ulangi setiap beberapa jam.

4. Ekstrak Vanila

Cara alami selanjutnya adalah, dengan mengoleskan sedikit ekstrak vanila ke jari atau kapas. Lalu, tempelkan langsung ke area yang gigi yang sakit, selama beberapa kali sehari.

Ekstrak vanila diketahui mengandung alkohol, yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Sifat antioksidannya terbukti menyembuhkan sakit gigi.

5. Jahe

Jahe sudah dikenal sebagai obat tanaman keluarga, dan diyakini efektif untuk menghentikan nyeri saat sakit gigi menyerang. Di mana kandungan antibiotiknya mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut terutama di bagian gigi berlubang.

Caranya dengan menumpuk 1 siung jahe, kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit hingga sakitnya hilang.

6. Acetaminophen

Selain obat sakit gigi yang berasal dari bahan alami, Kamu juga bisa menggunakan obat yang bisa dibeli dari Apotik. Kamu bisa mencoba obat golongan NSAID ini, dipercaya mampu meredakan sakit gigi.

Di mana obat yang dikenal dengan nama lain sebagai Paracetamol ini, memiliki kandungan yang mampu meredakan dan menghilangkan rasa nyeri saat sakit gigi menyerang.

7. Ibuprofen

Ibuprofen juga menjadi salah satu obat sakit gigi yang paling ampuh untuk mengatasi sakit gigi. Obat ini tersedia dalam bentuk kaplet dan sirup. Namun ketika menggunakan obat ini, sebaiknya gunakan resep dokter untuk mendapatkan dosis pemakaian yang tepat.



8. Naproxen

Naproxen merupakan obat pereda sakit yang sering digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Obat ini tersedia dalam bentuk kaplet yang bisa Anda beli di apotek.

Namun selain dapat meredakan sakit gigi secara ampuh, obat ini juga memiliki beberapa efek samping, seperti perut kembung, penglihatan kabur, perut terasa mulas, diare, dan lainnya. Sehingga untuk pemakaiannya sebaiknya gunakan resep dari dokter.

9. Dentasol

Dentasol dikenal sebagai obat sakit gigi untuk anak yang cukup aman dikonsumsi. Berbeda dengan obat gigi lainnya yang dikonsumsi dengan cara diminum. Obat ini dapat digunakan dengan cara mengoleskannya langsung ke bagian gigi yang sakit. Karena obat ini berbentuk gel, atau cairan yang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi berlubang.

10. Asamefenamat

Nama Asamefenamat sering menjadi andalan bagi mereka yang sering mengalami sakit gigi berlubang dan ngilu. Asamefenamat sendiri memiliki kandungan anti inflamasi, yang mampu menghentikan rasa nyeri dengan cepat. Sehingga obat ini menjadi pilihan bagi mereka yang sering mengalami sakit gigi tiba-tiba.

Itulah obat yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi sakit gigi. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi, sebelum menggunakan cara di atas. Dan jangan lupa untuk jaga kesehatan gigi dengan cara rutin membersihkannya, jaga pola makan, dan gaya hidup sehat.

Simak Video "Lelah Dengan Tekanan Sosial? Jangan Malu Curhat ke Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)