Jumat, 04 Okt 2019 15:15 WIB

Mark 'Westlife' Punya Bayi dengan Pasangan Prianya, Bagaimana Caranya?

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Mark dan pasangannya merayakan kehadiran baby girl (Foto: Dok. Instagram/markusmoment) Mark dan pasangannya merayakan kehadiran 'baby girl' (Foto: Dok. Instagram/markusmoment)
Jakarta - Personel Westlife Mark Feehily dan tunangannya Cailean O'Neill baru saja menyambut kelahiran bayi perempuan yang diberi nama Layla. Diduga, pasangan ini mempunyai bayi hasil dari surrogate mother atau ibu pengganti.

Dalam akun Instagram-nya, Mark membagikan foto bahagia dirinya bersama Cailean di koridor rumah sakit sambil melihat ke arah Layla. Bayi perempuan tersebut lahir pada 1 Oktober lalu.

"Kami ayah paling bahagia di dunia!" Tulis Mark.


[Gambas:Instagram]


Keduanya sudah mengumumkan sedang bersiap menyambut kelahiran bayi pada bulan Mei silam. Hal itu ditunjukkan oleh foto unggahan Mark yang memegang foto hasil USG. Dikutip dari The Sun, bayi tersebut diduga lahir dari ibu pengganti.

Di Amerika Serikat, banyak pasangan gay atau lesbian yang memilih punya bayi melalui program ibu pengganti. Menurut Human Rights Campaign, terdapat dua jenis program ibu pengganti, yakni traditional surrogacy dan gestational surrogacy.

Traditional surrogacy terjadi jika ibu pengganti diinseminasi buatan oleh donor anonim atau ayah dari calon bayi. Sedangkan gestational surrogacy adalah kondisi jika ayah memberi sperma dan ibu memberi sel telur atau donor anonim kemudian 'meminjam' rahim si ibu pengganti.

Larangan sewa rahim di Indonesia termuat dalam UU Nomor 23 Tahun 1992 tentang kesehatan dan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 73 tahun 1992 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Teknologi Reproduksi Buatan. Dalam praktiknya, sewa rahim kerap dilakukan diam-diam.



Simak Video "Jajal Langsung, Menjadi 19 cm di Klinik Mak Erot yang Legendaris "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)