Minggu, 06 Okt 2019 09:12 WIB

Ayu Dewi Dihadiahi Pembungkus Tali Pusat untuk Bayinya, Apa Sih Fungsinya?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Presenter Ayu Dewi (Foto: Palevi S/detikFoto) Presenter Ayu Dewi (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta - Artis dan presenter Ayu Dewi belum lama ini telah melahirkan anak ketiganya. Para sahabat dan kerabat Ayu Dewi berdatangan untuk melihat keadaannnya dan bayinya bersamaan dengan berbagai bingkisan yang dibawa.

Pada salah satu Instagram Story miliknya, ia menunjukkan pemberian dari salah satu temannya bernama Miranti Herwinda. Dalam story tersebut, Ayu mendapatkan kantong untuk ASI dan pembungkus tali pusat.

"Warr biasa, dari pembersih udel sampe buat ASIP. Memang andah terdepan dalam memikiran sesama," tulis Ayu Dewi.

Dalam postingannya tersebut, terlihat ada pembungkus untuk tali pusat si bayi. Dokter ahli kandungan, dr Poedjo Hartono, SpOG(K) di Rumah Sakit Premier, Surabaya, mengatakan sebenarnya tidak ada perawatan khusus untuk tali pusat, apalagi dengan alat seperti yang diposting Ayu Dewi.

"Selama ini tidak ada perawatan yang khusus untuk tali pusat sih. Apalagi kalau harus dibungkus dengan alat seperti itu, saya kira ga perlu. Itu kayak mengada-ada aja sih. Kalaupun dibungkus, paling hanya menggunakan kasa biasa atau kasa steril. Karena nantinya itu akan kering dan lepas sendiri," jelas dr Poedjo saat dihubungi detikcom, Sabtu (5/10/2019).



Ia mengatakan, dari medis pun tidak ada perlakuan yang khusus untuk menangani tali pusat. Saat lahir, tali pusat hanya dijepit agar darah yang dialirkan dari ibu ke bayi akan keluar semua.

Menurut dr Poedjo, dalam menciptakan alat seperti pembungkus tali pusat tersebut harus ada dasar dan manfaatnya. Contohnya, bayi sering mengalami infeksi di perutnya, maka alat tersebut memang berguna dan bekerja dengan baik.

"Ya kalo bikin alat seperti itu (pembungkus tali pusat) ya harus ada dasarnya, seperti banyak bayi mengalami infeksi di tali pusatnya. Tapi sampai saat ini, saya belum pernah mengalami kasus seperti itu," ujarnya.

dr Poedjo menambahkan, mungkin orang-orang yang menciptakan alat seperti itu memiliki inovasi sendiri, atau hanya sebatas unsur bisnis. Namun ia memastikan bahwa di dalam perawatan medis, tidak ada perlakuan khusus untuk tali pusat.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)