Senin, 07 Okt 2019 10:14 WIB

Stillbirth Seperti Dialami Bayi Irish Bella, Samakah dengan Keguguran?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ammar Zoni dan Irish Bella saat ditemui di Lippo Mall Puri. (Foto: Ismail/detikFoto) Ammar Zoni dan Irish Bella saat ditemui di Lippo Mall Puri. (Foto: Ismail/detikFoto)
Jakarta - Bayi kembar pasangan Irish Bella dan Ammar Zoni meninggal dunia dalam kandungan. Bayi mereka meninggal tepat di usia tujuh bulan dalam masa kehamilan.

"Ya hari ini anak pertama kami, putri pertama saya dengan Irish harus diambil lagi sama Allah," kata Ammar.

Meninggalnya bayi dalam kandungan disebut stillbirth. Dikutip dari Healthline, stillbirth dan keguguran memiliki definisi yang sama, yang membedakan hanya waktu terjadinya saja. Stillbirth terjadi saat bayi meninggal dalam kandungan pada usia antara 20 minggu kehamilan hingga waktu kelahiran, sementara keguguran terjadi sebelum usia kehamilan 20 minggu.



Ada tiga klasifikasi stillbirth berdasarkan waktunya. Meninggalnya bayi pada minggu ke 20-27 disebut early stillbirth, pada 28-36 minggu disebut late stillbirth, sedangkan setelah 37 minggu disebut term stillbirth.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), stillbirth memengaruhi sekitar 1 dari 100 kehamilan. Dan setiap tahunnya, ada sekitar 24 ribu bayi lahir mati (stillbirth) di Amerika Serikat.

Ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya stillbirth, seperti komplikasi kehamilan, masalah plasenta, dan infeksi. Masalah stillbirth ini juga terkadang tidak diketahui penyebabnya dengan jelas.



Simak Video "Teman Bumil Rilis Buku soal Kehamilan dan Parenting Tanpa Galau"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)