Senin, 07 Okt 2019 13:52 WIB

Dendy 'Mike's' Meninggal Serangan Jantung, Musisi Punya Kerentanan Tinggi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Dendy Mikes meninggal dunia karena serangan jantung. Foto: dok. Mikes_Jkt Dendy 'Mike's' meninggal dunia karena serangan jantung. Foto: dok. Mikes_Jkt
Jakarta - Pemusik Dendy dari Mike's dikabarkan meninggal akibat mengalami serangan jantung. Banyak yang menyayangkan hal ini karena Dendy masih berusia cukup muda dan produktif.

Spesialis jantung dari RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP(K) mengatakan penyebab serangan jantung di usia muda bisa beragam. Terlebih banyak anak muda yang tidak tahu kondisi kesehatan yang mereka idap.

"Kadang-kadang orang punya bawaan kolesterol tinggi tapi karena nggak ada keluhan atau tanda berarti jadi suka mikir sakit biasa aja dan dibiarkan. Orang dengan tekanan darah tinggi, stres, atau pola hidupnya. Kadang kan musisi latihan malam terus. pagi, siang, malam nggak tentu waktu tidurnya sehingga jika punya penyakit dia nggak tahu," katanya saat dihubungi detikcom, Senin (7/10/2019).



"Sebagian dari orang entertain adalah perokok. Rokok ini kan salah satu kontribusi utama serangan jantung dan stroke karena membuat peradangan pembuluh darah dan ditambah dengan risiko lain makin menambah risiko serangan jantung. Seburuk itu rokok," sambungnya.

Satu lagi kebiasaan yang membuat pekerja industri seni lebih rentan karena mereka kurang tidur dan membuat risiko serangan jantung meningkat. Hal yang perlu diingat adalah tubuh punya ritme yang mengatur waktu istirahat dan beraktivitas. Jika bioritmiknya tidak teratur, waktu tidurnya tidak teratur, tubuh akan kebingungan.

"Kalau berlangsung terus menerus, malam hari selalu latihan besoknya nggak, besoknya begadang, besok lagi latihan itu berarti tensi makin tinggi dan hormon stres juga keluar di malam hari. Jadi yang harusnya dia bisa tidur jadi nggak bisa," pungkasnya.



Simak Video "Cara Murah dan Mudah Hindari Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)