Selasa, 08 Okt 2019 09:25 WIB

Bibir Pecah-pecah Saat Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Bibir pecah-pecah terjadi karena kondisi kulit yang kering. (Foto: Thinkstock) Bibir pecah-pecah terjadi karena kondisi kulit yang kering. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Bibir pecah-pecah merupakan kondisi umum yang terjadi pada kebanyakan orang. Istilah bibir pecah biasanya menggambarkan keadaan bibir yang kering biasanya terjadi karena cuaca, menjilatinya secara berlebihan, dan efek obat-obatan tertentu.

Setiap orang bisa mengalaminya, terutama jika memiliki kulit yang kering karena bibir tidak mengandung kelenjar minyak seperti bagian kulit lainnya. Keadaan ini membuat bibir lebih rentan mengering dan pecah-pecah.

Kurangnya kelembaban pada bibir juga dapat menimbulkan masalah yang lebih buruk, seperti cheilitis. Cheilitis dapat disebabkan oleh infeksi yang ditandai dengan kulit pecah di sudut bibir.

Dikutip dari Medical News Today, cara-cara ini bisa membantu mengatasi bibir yang pecah-pecah.


1. Gunakan lip balm

Para wanita biasanya menggunakan lip balm sebagai pereda bibirnya yang kering maupun pecah-pecah. Hindari penggunaan lip balm yang mengandung mentol dan memiliki aroma wangi karena malah bisa mengeringkan, bukan melembabkan bibir.

2. Gunakan pelembab alami

Untuk melembabkan bibir, selain menggunakan lip balm bisa menggunakan bahan-bahan alami yang juga efektif mengatasi bibir pecah-pecah.

Lidah buaya, minyak kelapa, dan madu memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah infeksi, melembabkan, dan menyejukkan kulit di bibir. Sedangkan mentimun dan teh hijau kaya akan antioksidan yang bisa mengurangi peradangan.

3. Eksfoliasi bibir

Bibir pecah-pecah yang tertutupi lapisan kulit kering dapat mencegah bahan-bahan pada lip balm untuk menyembuhkan tidak bekerja optimal. Untuk mengatasinya, bisa melakukan eksfoliasi, yaitu suatu cara mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan terluar kulit. Gunakan scrub bibir yang terbuat dari gula atau soda kue untuk mengikis kulit yang kering dengan lembut.

4. Minum air

Dehidrasi merupakan penyebab utama dari bibir pecah-pecah. Saat tubuh mengalami dehidrasi, pasokan air diambil dari berbagai area tertentu untuk memastikan sel-sel tetap terhidrasi. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan pada kulit, termasuk juga bibir. Dianjurkan untuk memenuhi asupan air dengan tepat untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

5. Tidak merokok

Asap tembakau dapat membuat iritasi pada kulit sensitif di sekitar bibir dan menyebabkannya mengering serta pecah-pecah. Merokok juga dapat menimbulkan masalah lain di mulut, seperti sariawan dan sakit gusi. Dianjurkan untuk mulai berhenti merokok saat untuk mencegah terjadinya bibir pecah-pecah.



Simak Video "Sering Diremehkan, Gondongan Bisa Berakibat Mandul pada Pria"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)