Selasa, 08 Okt 2019 13:11 WIB

5 Tempat di Rumah yang Jarang Dianggap Kotor Tapi Banyak Kumannya

Firdaus Anwar - detikHealth
Dapur jadi lokasi yang rentan banyak kuman, lebih parah dari toilet. (Foto: iStock) Dapur jadi lokasi yang rentan banyak kuman, lebih parah dari toilet. (Foto: iStock)
Jakarta - Saat ditanya kira-kira tempat apa yang paling kotor di rumah, sebagian dari kita mungkin akan menjawab toilet atau kamar mandi. Tapi menurut peneliti kenyataannya tempat tersebut sebetulnya termasuk yang sedikit kuman karena sering kita bersihkan.

Menurut ahli mikrobiologi Charles Gerba dari University of Arizona seringnya kuman lebih mudah ditemukan di area dapur daripada toilet. Tempat-tempat tersebut jadi yang paling jorok karena sering terlupa jarang dibersihkan.

Ini dia 5 tempat di rumah yang jarang dianggap kotor tapi sebetulnya bisa penuh kuman:


1. Talenan

Talenan yang sering dipakai sebagai alas memotong bahan mentah menurut Charles bisa menyimpan lebih banyak kuman daripada alas toilet duduk di kamar mandi. Alasannya karena talenan sering dipakai untuk mengolah makanan namun jarang benar-benar dibersihkan dengan cairan pembersih.

"Survei terbaru melihat rata-rata ada lebih banyak bakteri feses di talenan yang dimiliki rumah tangga daripada tempat duduk toilet... Jadi sebetulnya lebih aman membuat roti lapis di tempat duduk toilet dibandingkan di talenan," kata Charles seperti dikutip dari CNN.

2. Wastafel dapur

Wastafel dapur jadi tempat berikutnya di rumah yang bisa menyimpan banyak kuman. Menurut Charler hal ini terjadi karena kita sering mencairkan daging beku di sana dan hanya mengandalkan air mengalir untuk membersihkannya.

"Banyak orang memakai wastafel dapur untuk mencairkan produk olahan daging beku atau mencuci ayam mentah. Setelahnya dibersihkan hanya dengan air mengalir," kata Charles.

3. Spons atau kain lap

Karena sering dipakai untuk mengusap permukaan yang kotor, tidak heran spons atau kain lap jadi salah satu benda paling banyak menyimpan bakteri. Hal yang perlu disadari orang-orang adalah membersihkan spons dengan cairan pembersih atau air panas tidak akan banyak membanu karena bakteri bisa tumbuh lagi dengan cepat.

Solusinya menurut Charles adalah mengganti spons atau kain minimal seminggu sekali.

4. Pegangan kulkas

Tempat berikutnya yang bisa menyimpan banyak bakteri di rumah adalah pegangan kulkas. Kita mungkin tidak sadar tangan sering menyentuh pegangan untuk membuka atau menutup kulkas dan seiring berjalannya waktu kuman bisa menumpuk di sana.

"Pegangan kulkas jadi tempat yang jorok karena orang-orang memasak dengan daging mentah lalu membuka atau menutup kulkas untuk mengambil sesuatu tanpa pikir panjang," ungkap Charles.

5. Dispenser air

Beberapa rumah modern saat ini biasanya memiliki dispenser air. Karena sifatnya yang praktis orang-orang mungkin malas untuk membersihkannya sehingga sering tidak disadari dispenser malah jadi tempat kuman bersarang.



Simak Video "Melihat RS Universitas Indonesia, ''Green Hospital'' yang Tahan Gempa"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)