Selasa, 08 Okt 2019 16:15 WIB

9 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Tanpa Obat

Virgina Maulita Putri - detikHealth
9 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Tanpa Obat Foto: shutterstock 9 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Tanpa Obat Foto: shutterstock
Jakarta - Kolesterol yang ada di dalam tubuh sebenarnya memiliki banyak fungsi. Sebut saja membantu dinding sel tetap fleksibel dan dibutuhkan untuk membuat beberapa hormon.

Tapi, terlalu banyak kolesterol di dalam tubuh juga tidak baik untuk kesehatan. Sama seperti lemak, kolesterol tidak bisa larut dalam air dan berpindah-pindah di dalam tubuh bergantung pada molekul bernama lipoprotein.



Ada dua jenis kolesterol yaitu kolesterol baik (high-density lipoprotein/HDL) yang bisa mengangkut kolesterol dari dinding pembuluh darah dan mencegah penyakit. Sementara itu kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) justru mengendap di dinding pembuluh darah dan bisa berujung pada penyakit seperti stroke, serangan jantung dan gagal ginjal.

Tapi, tidak perlu khawatir karena ada banyak cara alami untuk menurunkan kolesterol jahat. Berikut 9 cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat yang dirangkum detikHealth:

1. Hindari Lemak Trans

Lemak trans adalah lemak tak jenuh yang dimodifikasi lewat proses yang disebut hidrogenasi. Bahan makanan yang mengandung lemak trans antara lain margarin dan shortenings.

Lemak trans juga terbukti bisa meningkatkan total kolesterol dan LDL sekaligus menurunkan HDL hingga 20%. Jadi sebisa mungkin hindari bahan makanan yang mengandung lemak trans.

2. Konsumsi Serat yang Mudah Larut

Serat yang mudah larut menandakan nutrisi ini bisa larut di air tapi tidak bisa dicerna oleh tubuh. Tapi, bakteri baik yang hidup di usus (probiotik) bisa mencerna serat ini.

Probiotik ini dapat mengurangi lipoprotein jahat, LDL dan VLDL. Beberapa sumber makanan yang kaya akan serat antara lain kacang-kacangan, lentil, buah-buahan, gandum dan masih banyak lagi.

Buah-buahan yang cocok untuk menurunkan kolesterol antara lain apel, anggur, strawberry dan jeruk. Buah-buahan ini mengandung pectin yang bisa menurunkan LDL.

3. Berhenti Merokok

Merokok dikaitkan dengan menurunkan level HDL yang baik dan meningkatkan total kolesterol yang jahat. Selain itu, tar yang ada di rokok juga menghambat kemampuan tubuh untuk memindahkan kolesterol ke hati untuk dihancurkan.

9 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Tanpa Obat9 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Tanpa Obat Foto: iStock


4. Konsumsi Makanan yang Kaya Omega-3

Omega-3 merupakan jenis lemak yang bagus untuk kesehatan hati dan bisa menurunkan kolesterol. Beberapa makanan sumber omega-3 yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol antara lain ikan salmon, mackerel, herring dan tuna.

5. Kurangi Lemak Jenuh

Lemak jenuh biasanya ditemukan di makanan seperti daging merah dan produk turunan susu. Makanan seperti ini bisa meningkatkan total kolesterol. Mengurangi konsumsi lemak jenuh bisa menurunkan level LDL di tubuh.

6. Olahraga

Olahraga yang rutin tentu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk menurunkan kolesterol. Olahraga ringan dengan durasi 30 menit yang dilakukan rutin selama 5 hari terbukti bisa meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi risiko penyakit jantung.



7. Perhatikan Konsumsi Alkohol

Cara menurunkan kolesterol tanpa obat lainnya adalah dengan memperhatikan konsumsi minuman beralkohol. Ketika dikonsumsi dalam batas wajar, ethanol yang ada di minuman beralkohol bisa meningkatkan level HDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Tapi jika mengonsumsi alkohol secara berlebih akan meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung dan hati.

8. Turunkan Berat Badan

Diet untuk menurunkan berat badan bisa menurunkan bagaimana tubuh kalian menyerap dan memproduksi kolesterol. Menurunkan berat badan juga sekaligus menurunkan total kolesterol karena bisa mengurangi produksi kolesterol di hati.

9. Konsumsi Makanan Turunan Kedelai

Kedelai merupakan salah satu makanan yang bisa menurunkan kolesterol. Studi menemukan bahwa mengonsumsi 25% protein dari kedelai dalam sehari bisa menurunkan level LDL 5-6%. Beberapa makanan dan minuman hasil olahan kedelai antara lain tahu, tempe dan susu kedelai.

Simak Video "Obat HIV/AIDS Tersedia Gratis untuk Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/erd)