Rabu, 09 Okt 2019 09:28 WIB

Tak Hanya untuk Skincare, Aloe Vera Juga Ampuh untuk Obati Luka

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Aloe vera atau lidah buaya. Foto: Getty Images Aloe vera atau lidah buaya. Foto: Getty Images
Jakarta - Bagi sebagian besar orang, khususnya kaum hawa, sudah tidak asing lagi dengan aloe vera atau lidah buaya. Manfaatnya untuk kosmetik dan skincare sudah tidak diragukan lagi bahkan banyak wanita yang menganggap bahan ini sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat, kekusaman, dan memperbaiki tekstur wajah.

Tapi tahukah Anda bahwa aloe vera juga sangat ampuh untuk mengobati luka? Aloe vera atau lidah biaya mengandung gel yang kaya akan mineral, bahan yang membantu penyembuhan luka. Tanaman ini telah digunakan untuk merawat sejumlah luka keci, lecet, iritasi kulit, dan luka bakar ringan.

Mengutip The Advance, Pusat Medis Maryland University meneliti kandungan lidah buaya yang memiliki 99 persen air dan dua bahan kimia kuat yang meningkatkan penyembuhan luka yakni polisakarida dan glikoprotein.

Polisakarida telah dikenal dapat meningkatkan pergerakan sel, yang mengarah pada pertumbuhan kembali jaringan yang lebih cepat dan lebih efisien. Glikoprotein tidak hanya sebagai pereda rasa sakit tetapi dapat membantu mengendalikan respons peradangan. Bahkan ada bukti bahwa kedua senyawa ini bersama-sama dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan itu lebih baik untuk tubuh secara keseluruhan.


"Lidah buaya mengandung senyawa glukomanan, yang mendorong regenerasi sel dan produksi kolagen. Kolagen adalah protein esensial yang meningkatkan penyembuhan luka," demikian dikutip situs tersebut.

Pada 2015, sekelompok peneliti melakukan pemeriksaan efek lidah buaya pada luka kulit yang diterbitkan pada jurnal BioMed Research International, tim menemukan bahwa lidah buaya cukup efektif dalam menangani jenis luka.

Bahan kimia lain dalam lidah buaya juga dapat menumbuhkan sekresi faktor pertumbuhan seperti insulin tubuh, yang sebagian besar bertanggung jawab untuk pertumbuhan kembali pembuluh darah.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)