Rabu, 09 Okt 2019 14:23 WIB

Deretan Artis yang Idap Autoimun, Dari Ashanty Hingga Raditya Dika

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tak hanya Ashanty, beberapa artis lainnya juga idap penyakit autoimun. Foto: Palevi/detikHOT Tak hanya Ashanty, beberapa artis lainnya juga idap penyakit autoimun. Foto: Palevi/detikHOT
Jakarta - Dunia hiburan Indonesia dikejutkan dengan kabar penyanyi Ashanty. Melalui akun Instagramnya, Ashanty mengaku didiagnosis mengidap penyakit autoimun. Hal ini baru diketahui setelah Ashanty menemani suaminya, Anang Hermansyah, untuk melalukan check up di RSPAD Gatot Subroto.

"Akhirnya karena aku ketahuan ada 'autoimmune' aju ngga diizinkan melakukan DSA.. harus disembuhin dulu dan liat hasil darah aku 3 hari lagi, udh sejauh mana..baru boleh tindakan" tulis Ashanty, seperti dikutip detikcom pada Rabu, (9/10/2019).

Penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuh sendiri. Situs Healthline mengatakan, terkadang penyakit autoimun hanya menyerang satu organ saja, namun ada juga yang menyasar seluruh tubuh.

Untuk penyebab autoimun, para dokter belum terlalu yakin. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit tersebut antara lain genetik, pola makan, infeksi, dan paparan pada zat kimia. Menurut studi tahun 2014, wanita disebutkan 6,4 persen lebih banyak berisiko terkena penyakit autoimun.

Tak hanya Ashanty, sederet artis Tanah Air ini juga mengidap penyakit autoimun.


1. Raditya Dika

Komika sekaligus Youtuber Raditya Dika telah mengidap penyakit autoimun sejak enam tahun yang lalu. Penyakit autoimun yang diidapnya menyerang kulit dan sendi-sendinya.

"Jadi autoimun gue itu lebih ke kulit jadi kering sama timbul ruam kalau gue stres, terus sendi-sendi itu jadi pegal dan tidak dapat dijelaskanlah kalau stres," kata suami dari Anissa Aziza itu dalam channel YouTube Ussy Andhika dilihat, Selasa (10/9/2019).

2. Qory Sandioriva

Aktris cantik dan Puteri Indonesia 2009 ini juga pernah berjuang melawan penyakit yang diidapnya, yaitu autoimun, lupus. Penyakit tersebut membuat berat badannya naik secara drastis meskipun sudah berusaha melakukan diet. Hal ini disebabkan karena ia mengkonsumsi steroid untuk memperlambat pertumbuhan penyakitnya. Ibu dari satu anak ini bahkan sempat berobat ke Singapura hingga Korea Selatan untuk menyembuhkan penyakit autoimun tersebut.

3. Indadari Mindrayanti

Indadari yang merupakan mantan istri dari Caisar Putra Aditya ini diketahui mengidap psoriasis sejak 2009 silam. Ia baru menyadari terkena penyakit autoimun ini saat hamil anak pertamanya.

Psoriasis sendiri merupakan jenis penyakit kulit tak menular yang terkait dengan autoimun dan bersifat kronis. Psoriasis ditandai dengan kulit menjadi kemerahan, lebih tebal, bersisik, muncul bercak putih keperakan, dan dapat menyebabkan gatal serta nyeri pada kulit.

Hingga saat ini, penyebab pasti dari penyakit autoimun ini belum diketahui. Namun, faktor genetik dan lingkungan yang dapat mengubah sistem regulasi sel-sel kulit diduga berperan untuk memicu penyakit ini.

4. Ega Olivia

Pemain fim 'Catatan Akhir Sekolah' Ega Olivia juga mengidap penyakit autoimun. Lama tak terlihat di jagat hiburan, Ega tengah melawan penyakit lupus. Tepat pada tahun lalu, Ega didiagnosis menderita penyakit lupus.

Lupus merupakan penyakit peradangan kronis yang disebabkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ. Namun, usai vakum dan fokus pada penyembuhan, ia mulai aktif kembali ke dunia hiburan Indonesia.

5. Jamila, Kakak Tiri Shiren Sungkar

Kakak tiri dari Shiren Sungkar, Jamila, juga mengidap penyakit autoimun. Ia meninggal akibat penyakit tersebut pada tahun 2018 lalu. Fanny Bauty mengatakan, penyakit autoimun tersebut menyerang lambung dan paru-parunya.

"Karena penyakit autoimun menyerang organ tubuhnya, lambung, paru-paru, nggak ada imunnya lagi. Nama sakit udah lama. Apalagi autoimun itu nggak ada obatnya ya. Tergantung body-nya bisa menerima apa nggak. Sampai sekarang belum ada obatnya," ujar Fanny, seperti yang dikutip dari detikcom, Senin (2/4/2018).



Simak Video "Viral Video Paru-paru Jadi Hitam karena Merokok Puluhan Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)