Rabu, 09 Okt 2019 17:28 WIB

9 Cara Melancarkan Haid Secara Alami yang Ampuh

Lusiana Mustinda - detikHealth
Cara melancarkan haid. Foto: iStock Cara melancarkan haid. Foto: iStock
Jakarta - Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, lalu bagaimana cara melancarkan haid dengan cara yang alami?

Haid atau menstruasi merupakan kondisi di mana tubuh wanita mengeluarkan darah dari rahim saat tidak ada pembuahan terhadap sel telur. Normalnya, haid terjadi setiap 21-35 hari sekali dengan durasi haid berlangsung selama 3-7 hari.


Namun, beberapa wanita mengalami siklus haid yang tidak lancar. Hal ini normal bagi wanita yang hamil, namun untuk yang tidak tentu telah terjadi ketidakseimbangan hormon di dalam tubuhnya.

Dirangkum oleh detikHealth, berikut cara melancarkan haid secara alami yang dapat kamu lakukan.

1. Istirahat Cukup

Kurang istirahat bisa membuat tubuh kelelahan dan akibatnya kerja organ di dalam tubuh kurang seimbang. Supaya tubuh beristirahat secara optimal, tentu kamu harus memilki tidur yang cukup.

Tidur yang cukup dapat membantu tubuh dan pikiran lebih rileks sekaligus menjaga kerja hormon pengatur menstruasi. Tidur 7 sampai 8 jam dalam semalam bisa jadi cara melancarkan haid secara alami.

2. Kendalikan Stres

Siklus haid yang tidak teratur juga bisa disebabkan karena stres. Jika kamu stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang berlebihan yang nantinya akan mempengaruhi hormon hypothalamus yaitu hormon pengatur siklus haid. Jadi kalau haid mau lancar, hindari stres yang berlebihan ya.

3. Menjaga berat badan normal

Memiliki berat badan yang terlalu kurus atau terlalu gemuk memang dapat mempengaruhi hormon di dalam tubuh. Cara melancarkan haid adalah dengan menjaga berat badan.

Biasakan menikmati makanan sehat dan berolahraga secara teratur sehingga berat badan bisa terkontrol. Jangan lupa minum air putih dan juga konsumsi sayur dan buah yang tinggi vitamin, mineral, serat dan antioksidan.

4. Meditasi

Cara melancarkan haid yang terlambat bisa dengan meditasi. Meditasi bisa mengurangi stres dan menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh.

Bagaimana cara melakukan meditasi? Kamu bisa mulai menarik nafas di tempat yang tenang duduk di luar ruangan atau dalam ruangan. Posisi duduk tegak dan rileks. Tenangkan pikiran dengan fokus pada diri dan suara napas dan suara disekitar kamu yang menyejukkan hati.

Cara melancarkan haid secara alami.Cara melancarkan haid secara alami. Foto: iStock


5. Berlatih Yoga

Salah satu olahraga yang bisa jadi cara melancarkan haid setelah melahirkan adalah melakukan yoga. Selain di tempat pusat kebugaran atau gym, kamu juga bisa melakukan yoga sendiri di rumah. Pastikan pilih gerakan-gerakan yoga yang sederhana dan minim risiko supaya terhindar dari cedera.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat jadi kunci cara melancarkan haid secara alami dan cepat. Makanan dengan gizi seimbang tentu bisa mencegah terlambatnya haid.

Selain itu, makanan yang mengandung vitamin D juga perlu dikonsumsi. Haid yang tidak teratur merupakan salah satu gejala yang muncul saat Anda memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS). Beberapa penelitian menyebut bahwa kombinasi suplemen vitamin D, kalsium bisa membantu lancarkan haid.

Vitamin D bisa didapatkan dari matahari pagi. Kamu cukup berjemur di pagi hari antara jam 7 sampai 8 selama 15 menit. Selain sinar matahari, vitamin D juga bisa didapatkan dari salmon, tuna dan susu.

7. Mengganti Alat Kontrasepsi

Telatnya haid juga bisa dipengaruhi dari alat kontrasepsi yang kamu gunakan. Beberapa orang yang menggunakan alat kontrasepsi jenis tertentu misalnya suntik KB dapat mengalami haid yang tidak teratur.

Cara melancarkan haid setelah KB adalah dengan mengganti alat kontrasepsi yang cocok. Dokter kemungkinan akan mengganti jenisnya. Mungkin akan perlu beberapa kali percobaan untuk menemukan alat KB yang cocok dan minim efek samping untuk Anda.

8. Terapi Hormon

Terapi hormon jadi salah satu cara melancarikan haid yang terlambat. Terapi biasanya dilakukan dengan memberikan obat yang mengandung hormon estrogen dan progesteron dalam dosis tertentu.

Biasanya terapi hormon diberikan untuk wanita dengan siklus haid tidak teratur yang sampai membuat sulit hamil, seperti wanita pengidap PCOS.

9. Obat Tradisional

Meskipun belum banyak penelitian tentang obat tradisional dapat melancarkan haid (https://www.detik.com/tag/haid). Namun kamu bisa mencoba cara melancarkan haid secara alami dengan obat tradisional seperti jahe hingga kunyit.

- Kunyit

Senyawa kurkumin dalam kunyit dikenal dapat mengurangi peradangan. Kamu dapat mencoba mengonsumsi kunyit untuk membantu melancarkan haid bila tidak memiliki alergi terhadap kunyit.

Kunyit bisa dicampur dengan teh, madu, atau susu. Gunakan kunyit asli yang telah digeprek atau kunyit bubuk agar lebih praktis.

- Jahe

Minum air jahe sering menjadi cara melancarkan haid secara alami. Untuk mendapatkan manfaatnya, rebus jahe ke dalam sepanci kecil air panas. Anda juga dapat menambahkan gula atau madu agar rasanya semakin enak.




Simak Video "Viral Video Paru-paru Jadi Hitam karena Merokok Puluhan Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)