Kamis, 10 Okt 2019 09:28 WIB

Rutin Berolahraga? Ini Bonus Manfaat yang Didapatkan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ini manfaat yang bisa didapat jika kamu sering berolahraga. Foto: ilustrasi/thinkstock Ini manfaat yang bisa didapat jika kamu sering berolahraga. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Sebagian orang biasanya rutin berolahraga untuk tujuan tertentu, seperti menurunkan berat badan hingga membentuk otot tubuh. Jika dilakukan secara rutin, tujuan ini akan tercapai dengan maksimal.

Namun, tanpa disadari, saat berolahraga tubuh mendapatkan berbagai keuntungan lain selain tujuan utamanya. Mulai dari melancarkan peredaran darah dan mendapat kualitas tidur yang lebih baik.

Dirangkum dari Times of India, berikut ini merupakan keuntungan lain yang didapatkan dengan rutin berolahraga.



1. Meningkatkan kekuatan otot

Berolahraga dengan melakukan latihan beban meningkatkan kekuatan otot. Namun jangan dipaksakan, apalagi saat muncul rasa sakit yang mengganggu. Jika sakit muncul sebaiknya segera istirahat, minum air, dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Berolahraga sangat membantu dalam mengatur pergerakan usus. Semakin aktif bergerak, maka sistem pencernaan akan lebih lancar. Dengan berolahraga, maka makanan akan lebih cepat tercerna dalam tubuh, terutama saat melewati usus besar. Hal ini juga akan melancarkan buang air besar tiap harinya.

3. Meningkatkan fungsi otak

Berolahraga dapat meningkatkan detak jantung dan memperlancar aliran darah ke otak. Semakin baik aliran darah yang mengalir ke otak akan lebih mendukung kinerjanya. Selain itu, berolahraga secara teratur juga melindungi diri dari penyakit seperti Parkinson, Alzheimer dan juga mengurangi risiko stroke.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah studi menunjukkan bahwa berolahraga secara teratur selama 30 menit dalam sehari, dapat meningkatkan kualitas tidur hingga 65 persen. Hal ini dipercaya berkaitan dengan penurunan suhu tubuh sesaat setelah berolahraga. Kegiatan ini juga dapat mengurangi stres pada tubuh dan membantu untuk tidur lebih cepat, serta dapat melewati malam dengan lebih tenang.





Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)