Sabtu, 12 Okt 2019 06:01 WIB

Kronologi Luka Tusuk Wiranto, Ditandu hingga Operasi Usus

Firdaus Anwar - detikHealth
Berawal dari penyerangan, Wiranto mengalami luka tusuk hingga harus menjalani operasi (Foto: Dok. Polres Pandeglang) Berawal dari penyerangan, Wiranto mengalami luka tusuk hingga harus menjalani operasi (Foto: Dok. Polres Pandeglang)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto tengah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto setelah diserang oleh seorang pria dari jaringan JAD Bekasi pada Kamis (10/10/2019) lalu. Peristiwa terjadi ketika Wiranto berkunjung ke Alun-alun Menes, Pandeglang, Banten.

Berdasarkan informasi yang didapat, beberapa kali keterangan soal cedera Wiranto berkembang dari yang awalnya disebut luka di bagian perut hingga kini ternyata kena ususnya.

Berikut rangkuman detikcom:



Kamis, 10 Oktober 2019

13.00
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengkonfirmasi kebenaran peristiwa penyerangan. Hanya saja ia menyebut saat itu kapolsek yang cedera.

"Upaya penusukan, tapi kapolsek yang kena," ujar Dedi.

13.20
Beberapa foto yang diterima detikcom di RSUD Pandeglang, Wiranto tampak ditandu. Ada perban penutup luka di perut bagian kanan.

14.00
Dirut RSUD Pandeglang Berkah, Firmansyah, menjelaskan Wiranto menderita dua luka tusuk di perut sebelah kiri. Disebutkan luka sudah mengenai lapisan perut.

"Sudah terkena lapisan perut. Ada dua tusukan di lapisan peritoneumnya," kata Firmansyah.

16.30
Wiranto disebut Presiden Joko Widodo tengah menjalani operasi di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Ia dibawa langsung dari Pandeglang dengan menggunakan helikopter.

"Saat ini beliau, Bapak Wiranto, masih dalam penanganan oleh tim dokter di RSPAD dalam proses operasi," kata Jokowi dalam jumpa pers di RSPAD Gatot Soebroto.

20.00
Setelah sekitar tiga jam, Wiranto akhirnya meninggalkan ruang operasi RSPAD Gatot Soebroto. Ia lalu dipindahkan ke ruang Intensive Care Unit (ICU).

"Alhamdulillah proses operasi berjalan dengan baik, dan Pak Wiranto sudah keluar dari ruang operasi dan beliau sekarang menempati ruang untuk ICU untuk distabilkan," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung.



Jumat, 11 Oktober 2019

10.45
Menurut keterangan mantan Menteri Perindustrian Saleh Husin, Wiranto sudah dipindahkan dari ruang ICU ke ruang rawat dan bisa berkomunikasi. Hal ini ia ungkapkan saat menjenguk Wiranto di RSPAD Gatot Soebroto.

"Iya, tadi sempat ngobrol, begitu saya masuk, dia langsung manggil, 'Hey, Saleh.' Sekarang di ruang perawatan, tapi masih tetap ada alat yang masih membantu," katanya.

15.00
Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Mahfud Md, yang ikut menjenguk Wiranto menjelaskan sang eks Panglima ABRI mengalami luka hingga bagian ususnya. Wiranto dirawat di ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU).

"Iya memang itu (usus) terkena, lalu dipotong terus disambung, terus selesai," ujar Mahfud.



Simak Video "Viral Video Paru-paru Jadi Hitam karena Merokok Puluhan Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)