Sabtu, 12 Okt 2019 18:40 WIB

Wiranto Luka di Perut, Kenapa Dirawat di CICU?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Menko Polhukam Wiranto (Yulida/detikcom) Menko Polhukam Wiranto (Yulida/detikcom)
Jakarta - Kondisi Menteri Koordinasi Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto terus membaik. Saat ini Wiranto menjalani perawatan di Cerebro Intensive Care Unit (CICU) RSPAD Gatot Soebroto.

Dikutip dari detikcom, Wiranto sudah belajar berdiri dan duduk serta merespons para penjenguk. Sebelumnya, Wiranto mengalami cedera di perut kiri setelah mengalami penusukan. Dengan kondisi tersebut, kenapa Wiranto bisa dirawat di CICU?

"Mungkin CICU bisa memberikan perawatan lebih baik. Selain itu, dokter mungkin juga bisa melakukan observasi lebih baik pada pasien. Dengan pertimbangan khusus tersebut, akhirnya dipilih CICU," ujar Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) dr Mursyid Bustami, SpS(K), KIC, MARS, kepada detikcom.


RS PON sendiri memiliki tempat serupa CICU yang disebut Neurology Intensive Care Unit (Neurology ICU). Tempat ini adalah salah satu jenis ICU yang ditujukan bagi pasien dengan gangguan otak dalam kondisi kritis.

Kekhususan ini memungkinkan pasien CICU atau Neurology ICU tidak sepadat ICU. Selain perawatan dan observasi lebih baik, penempatan di CICU juga menekan risiko infeksi penyakit menular. Selain Wiranto, tokoh nasional lain pernah menjalani perawatan di CICU. Salah satunya almarhum Presiden ke-3 RI BJ Habibie.



Simak Video "Viral Video Paru-paru Jadi Hitam karena Merokok Puluhan Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)