Senin, 14 Okt 2019 10:03 WIB

Viral Bisnis Jual Beli Ketombe, Jenis Kulit Ini Mudah Ketombean

Widiya Wiyanti - detikHealth
Bisnis jual beli ketombe yang viral di medsos. Foto: Dok Istimewa Bisnis jual beli ketombe yang viral di medsos. Foto: Dok Istimewa
Jakarta - Bisnis jual beli ketombe dengan jargon 'Kami Siap Jemput Ketombe Anda' ramai diperbincangkan netizen di media sosial. Di lapak tersebut, tertulis ketombe akan dibeli seharga Rp 65 ribu untuk 1 kilogramnya.

Mekipun hanya hiburan semata, ketombe memang menjadi permasalahan pada banyak orang. Menurut ahli kesehatan kulit dr I Gusti Nyoman Darma Putra, SpKK, dari DNI Skin Centre, orang dengan bawaan kelenjar minyak berlebih sangat rentan untuk berketombe.

"Orang yang punya bawaan kelenjar minyaknya berlebih, lebih mudah untuk terkena ketombe atau bahkan dermatitis seboroik," ujarnya kepada detikcom, Senin (14/10/2019).



Dermatitis seboroik merupakan gangguan pada kulit kepala karena adanya peradangan yang cukup berat. Yang membedakan dengan ketombe adalah, dermatitis seboroik menyebabkan kulit kepala kemerahan, bersisik, gatal, dan terkadang rambut rontok.

"Ketombe itu bentuk ringannya, kadang sisiknya mengelupas. Kalau seboroik itu terjadi di area kulit yang kepadatan kelenjar minyaknya berlebih," pungkas dr Darma.

Penyebabnya pun beragam, mulai dari kulit kering, produk sampo yang memicu peradangan, hingga stres.



Simak Video "Hmm Sering Ganti Shampo Bisa Bikin Ketombean?"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)