Senin, 14 Okt 2019 10:29 WIB

Ashanty Sempat Idap Meningitis, Kenali Penyebabnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sebelum didiagnosis autoimun, Ashanty pernah mengidap meningitis pada 2013 (Foto: Palevi/detikHOT) Sebelum didiagnosis autoimun, Ashanty pernah mengidap meningitis pada 2013 (Foto: Palevi/detikHOT)
Jakarta - Sebelum didiagnosis mengidap autoimun, penyanyi Ashanty sempat mengalami meningitis pada 2013 silam. Saat meningitis, Ashanty mengaku pasrah dan menerima semua hasil pemeriksaan dokter dengan lapang dada. Kala itu, pernyataan sakit Ashanty diceritakan oleh Aurel Hermansyah, anak tirinya dari suami Anang Hermansyah.

"Bunda kena radang selaput otak, kepala sakit banget. Hari pertama meriang. Sebelumnya menggigil padahal ruangnya panas, minum lima obat masih menggigil," ujar Aurel, anak tiri Ashanty, kepada detikcom di tahun tersebut.

Mengutip Healthline, meningitis adalah peradangan pada selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis dapat terjadi ketika selapit yang ada di area tersebut mengalami infeksi.

Penyebab paling umum dari meningitis adalah infeksi virus dan bakteri yang menyerang telinga, sinus, atau tenggorokan. Ada beberapa bentuk lain dari meningitis. Contohnya termasuk cryptococcal, yang disebabkan oleh infeksi jamur, dan karsinomatosa, yang berhubungan dengan kanker.



Siapa saja bisa terkena meningitis, tetapi penelitian menunjukkan penyakit ini lebih umum pada kelompok berikut:

- Anak di bawah usia 5 tahun
- Remaja dan dewasa muda usia 16-25 tahun
- Dewasa di atas 55 tahun

Meningitis juga lebih berbahaya bagi orang dengan kondisi medis tertentu seperti limpa yang rusak, penyakit jantung, atau gangguan sistem kekebalan tubuh.

Karena kuman tertentu yang menyebabkan meningitis dapat menyebar dengan mudah, wabah kemungkinan besar terjadi di tempat-tempat di mana orang tinggal berdekatan. Mahasiswa di asrama atau rekrutan militer di barak dapat lebih mudah terserang penyakit. Begitu juga orang-orang yang bepergian ke daerah-daerah di mana meningitis lebih umum, seperti bagian Afrika.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)