Senin, 14 Okt 2019 17:30 WIB

Zaskia Adya Mecca Andalkan Tes Darah Alergi untuk Atasi Asma Anak-anaknya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Zaskia Adya Mecca (Foto: Gus Mun/detikHOT) Zaskia Adya Mecca (Foto: Gus Mun/detikHOT)
Jakarta - Aktris Zaskia Adya Mecca ternyata sering menghadapi kondisi panik karena tiga anaknya kerap mengalami serangan asma secara tiba-tiba. Pencetus asma yang dialami anak-anaknya pun berasal dari alergi yang beragam.

Untuk mengetahui ketiga anaknya alergi terhadap apa, Zaskia melakukan tes darah alergi pada ketiga anaknya. Ia mengatakan dengan tes tersebut bisa diketahui sekitar 53 alergi yang dialami anak-anaknya.

"Setelah aku tahu ada tes alergi darah, sekali ambil darah dua tiga hari keluar," ujarnya saat ditemui di kawasan M. H. Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019).



Ibu yang kerap disapa Bia ini pun sangat selektif dalam memberikan makanan kepada anak-anaknya. Zaskia juga memberikan pengertian kepada ketiga anaknya soal alergi yang dialami mereka serta makanan atau hal apa uang perlu dihindari.

Meskipun Sybil yang berusia 8 tahun dan Kaba yang masih berusia 3 tahun, Zaskia mengungkapkan mereka paham soal apa yang harus dihindari agar asmanya tidak kambuh. Misalnya Sybil yang harus menghindari kucing karena itu merupakan pencetus asmanya.

"Kaba yang usianya 3 tahun dari 2,5 tahun aku kasih pengertian. 'Kaba kamu tuh asmanya biar nggak kumat kamu nggak boleh makan ini ini, nggak boleh pegang ini'. Dia udah tau, daripada dia makan obat pahit, sesak napas, dia lebih baik menghindari," ungkapnya.

Untuk meredakan serangan asma pada ketiga anaknya, Zaskia pun sangat bergantung pada alat uap nebulizer. Menurutnya, alat tersebut sangat membantu ketiga anaknya saat mengalami sesak napas.



Simak Video "Waspada! Ini Mitos Paru-paru Basah"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)