Senin, 14 Okt 2019 18:55 WIB

5 Cara untuk 'Ingatkan' Minum Air Putih

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Minum air putih penting demi menjaga keseimbangan cairan tubuh. (Foto: iStock) Minum air putih penting demi menjaga keseimbangan cairan tubuh. (Foto: iStock)
Jakarta - Air adalah elemen yang sangat penting bagi tubuh. Selain untuk menghidrasi, air juga bisa membantu mengeluarkan racun serta mengatur suhu tubuh. Tidak hanya itu, air juga dapat mempertahankan tekanan darah dan menjaga fungsi vital tubuh tetap terkendali.

Rutin minum air juga dapat meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Terkadang kita suka lupa untuk minum air secara rutin. Biasanya hal ini akan terjadi saat sedang sibuk hingga tidak sempat untuk minum air.

Dikutip dari Times of India, 5 cara ini bisa digunakan untuk menjadi pengingat seseorang untuk minum air putih.


1. Minum segelas air setelah mengkonsumsi kopi

Kebanyakan orang memang tidak pernah lepas dari kopi maupun teh. Namun, seringkali setelah minum di antara keduanya, tidak bisa mengatasi dahaga dengan baik. Untuk mengatasinya, biasakan minum segelas air setelahnya untuk menghilangkan rasa dahaga dan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

2. Makan pedas

Setiap kali memakan makanan yang bercita rasa pedas, pasti akan terpikirkan untuk meminum sebotol air untuk menghilangkannya. Ini bisa menjadi cara untuk mendorong seseorang yang kurang asupan airnya. Meskipun tidak dianjurkan terlalu banyak karena efek samping yang ditimbulkan, tambahkan sedikit rempah dengan rasa pedas pada makanan sehari-hari. Hal ini akan membuat seseorang untuk lebih banyak minum air.

3. Minum sebelum tidur

Sebagian orang lebih suka memulai paginya dengan 2-3 gelas air tiap hari. Namun, mereka cenderung melupakan kebutuhan air di sepanjang harinya. Untuk memperbaikinya, minum air sesaat sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik.

4. Tambahkan es pada minuman

Minuman dingin dengan berbagai rasa, termasuk es kopi cenderung lebih diminati daripada air. Agar kebutuhan air tetap terpenuhi, coba tambahkan es batu pada minuman favorit. Menambahkan empat buah es batu ke dalam minuman sama dengan setengah gelas air.

5. Pikirkan cara unik untuk melakukannya

Minum air dengan cara yang biasa saja terkadang membuat diri kita ataupun tubuh merasa bosan. Cobalah minum air dengan cara yang unik, misalnya menggunakan wadah yang berbeda, selalu membawa botol air, atau cara lainnya yang membuat seseorang harus dan semangat untuk minum air.


Simak Video "Pentingnya Minum Air untuk Menjaga Ginjal Tetap Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)