Selasa, 15 Okt 2019 10:40 WIB

Mengenal Quinoa, Biji-bijian yang Kaya Nutrisi

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Bagi orang yang selalu memperhatikan pola hidup sehat, pasti sudah tidak asing lagi dengan quinoa atau chenopodium quinoa. Biji-bijian yang dianggap superfood ini menjadi salah satu makanan yang tengah populer di dunia. Meskipun bentuknya berupa butiran kecil, quinoa memiliki kandungan serat dan nutrisi yang tinggi.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, quinoa atau dalam bahasa Indonesia disebut Ki-No-A mengandung banyak zat gizi yang digemari para pelaku hidup sehat, salah satunya adalah kandungan protein yang sangat tinggi dibandingkan dengan produk biji lainnya.

"Quinoa juga menjadi salah satu dari sedikit makanan nabati yang mengandung sembilan asam amino esensial. Quinoa memiliki magnesium, vitamin B, zat besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin E dan serat yang tinggi," ujar dr Muliaman kepada detikHealth baru-baru ini.


dr Muliaman menuturkan dalam 100 gram atau setengah cangkir quinoa ini terdapat kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Karena memiliki 5 gram protein dan juga 3 gram serat. Selain itu, kandungan lemaknya pun sangat kecil, sehingga sangat tepat untuk dinikmati sebagai snack atau cemilan.

"Karena tinggi protein dan serat ini, quinoa sering digunakan untuk snack yang mengenyangkan dan tidak cepat lapar serta digunakan oleh banyak orang untuk mengontrol berat badan," sebutnya.

Meski demikian, dr Muliaman menyebutkan di Indonesia sendiri masih belum begitu populer untuk dikonsumsi secara langsung. Disamping susah untuk mendapatkannya juga rasanya kurang di minati alias tawar jika dikonsumsi secara langsung. Sehingga disarankan untuk dikonsumsi sebagai campuran snack bar ataupun multigran.


"Multigrain ini adalah makanan gabungan dari beberapa biji-bijan seperti oat, barley, gandum, jagung, kacang yang biasanya digabungkan dalam satu kombinasi makanan selingan atau snack. Multigrain akan memberikan manfaat seperti serat tinggi dan mengontrol gula darah (tidak langsung meningkat tajam ketika di konsumsi)," terangnya.

Sehingga jika multigrain ini digabungkan dalam satu snack, maka akan menjadi pilihan snack bar yang sehat. Salah satu camilan seperti Fitbar bisa menjadi pilihan Anda untuk mengonsumsi quinoa yang praktis. Kandungan oat, whole wheat dan quinoa di dalam Fitbar membuat tubuh mendapatkan manfaat serat larut. Snack bar ini juga bebas dari kolesterol, bebas dari lemak trans, dan memiliki kandungan kalori yang rendah. Bahkan jauh lebih rendah dibandingkan snack-snack lainnya.

Simak Video "Ketika Anak Beranjak Remaja Minum ASI, Apa Efeknya?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)