Selasa, 15 Okt 2019 18:55 WIB

Keluarga Punya Riwayat Asma? Jangan Ada Barang-barang Ini di Rumah

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi asma. Foto: Thinkstock Ilustrasi asma. Foto: Thinkstock
Jakarta - Tidak dipungkiri bahwa penyakit asma bisa menurun melalui genetik. Keluarga dengan riwayat penyakit pernapasan ini harus benar-benar memperhatikan hal apa yang dapat menimbulkan kekambuhannya.

Kepala Subdirektorat Penyakit Paru Kronik dan Gangguan Imunologi Kementerian Kesehatan RI, dr Theresia Sandra Diah Ratih, MHA pun mengatakan bahwa ada beberapa barang yang sebaiknya tidak ada di rumah jika terdapat keluarga yang mengidap penyakit asma.

"Kalau keluarga-keluarga ada riwayat asma cenderung tidak dianjurkan ada karpet, gorden juga nggak boleh kalau mau gordennya katun yang tipis sehingga tidak menyimpan debu, dan lain-lain. (Pemicunya) tiap orang berbeda-beda," ujarnya di kawasan Jl M.H. Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019).



Jika ada keluarga yang memiliki riwayat asma, dr Sandra menyarankan untuk memeriksakan ke dokter guna mencari tahu apa yang menjadi trigger dari serangan asmanya. Selalu mempersiapkan obat juga sangat penting jika terjadi serangan asma.

"Mencari trigger apa yang menyebabkan dia terserang asma, bisa karena infeksi flunya sendiri. Yang paling banyak terjadi pertama karena asap rokok, debu, kutu tungau, itu yang paling banyak sering terjadi," lanjutnya.



Simak Video "Apakah Sering ke Pantai Dapat Sembuhkan Asma?"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)