Rabu, 16 Okt 2019 07:00 WIB

5 Kebiasaan Sehat Ramah Ginjal yang Baik Dilakukan Pagi Hari

Firdaus Anwar - detikHealth
Ada beberapa kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan ginjal. (Foto: Ilustrasi/thinkstock) Ada beberapa kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan ginjal. (Foto: Ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Ginjal adalah organ yang berperan penting menyaring darah dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Sayangnya kadang karena gaya hidup yang buruk, ginjal kita dapat terkena dampak hingga akhirnya mengalami kerusakan.

Nah untuk mencegah hal tersebut ada beberapa kebiasaan sehat yang baik dilakukan pada pagi hari untuk menjaga kesehatan ginjal. Berikut contohnya:



1. Minum air putih

Biasakan minum air putih usai bangun tidur untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh. Kondisi dehidrasi dapat berdampak buruk bagi ginjal karena artinya organ bekerja lebih keras untuk menjaga keseimbangan cairan.

Menjaga kebutuhan cairan dengan minum air putih juga disebut ahli baik untuk mencegah terjadinya batu ginjal.

2. Makan buah

Makan buah bisa jadi cara tidak langsung menjaga kesehatan ginjal. Beberapa buah seperti anggur, apel, atau blueberry bisa mengandung vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang bagus untuk melawan peradangan di dalam tubuh.

Kebiasaan sehat makan buah dapat membantu kamu menjaga berat badan. Obesitas diketahui jadi salah satu faktor risiko penyakit ginjal.

3. Sarapan rendah garam

Sarapan penting untuk menyiapkan tubuh berenergi sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun bila memungkinkan pilih menu sarapan yang rendah garam. Alasannya karena kandungan garam dapat mempengaruhi tekanan darah dan dalam jangka panjang akan berdampak buruk untuk ginjal.

4. Olahraga pagi

Bagaimana olahraga bisa berhubungan dengan kesehatan ginjal? Sama seperti poin sebelumnya karena kebiasaan ini baik untuk mengatur tekanan darah kamu. Hipertensi jadi salah satu faktor risiko terjadinya kegagalan ginjal dan menurut studi olahraga rutin dapat membantu mengendalikannya.

Tidak usah olahraga berat cukup misalnya lari, jalan santai, atau gowes sepeda bisa memberikan dampak baik untuk tubuh.

5. Cek gula darah

Kebiasaan terakhir yang sebaiknya tidak dilewatkan adalah rutin mengecek gula darah. Kondisi gula darah tidak terkontrol diketahui dapat mengakibatkan berbagai komplikasi pada organ termasuk gangguan ginjal.

Situs WebMD menyebut sekitar 15 persen pasien diabetes mengalami komplikasi ginjal. Tingginya gula darah membuat ginjal bekerja ekstra keras untuk membuang kelebihan kadar gula dalam darah menjadi urine.

Saat ini pengecekan gula darah bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan alat yang dijual bebas.



Simak Video "Fakta-fakta Seputar Batu Ginjal yang Diidap Dorce Gamalama"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)