Rabu, 16 Okt 2019 15:20 WIB

Keistimewaan Buah Zaitun dalam Al Quran

Lusiana Mustinda - detikHealth
Khasiat minyak zaitun dalam Al-Quran. Foto: iStock Khasiat minyak zaitun dalam Al-Qur'an. Foto: iStock
Jakarta - Selain kurma, ternyata minyak zaitun juga tercantum dalam Al Quran sebagai obat. Buah zaitun juga disebut sebagai buah yang diberkahi, ini alasannya!

Allah berfirman,

"Demi buah tin dan buah zaitun. Dan demi bukit Sinai dan negeri yang aman ini. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-bainya." (At-Tin: 1-3)


"... yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebalah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis) ..." (An-Nur: 35)

Al-Qurtubi mengatakan bahwa, buah zaitun memiliki banyak manfaat di antaranya dapat dijadikan minyak dengan cara memeras buahnya. Kemudian minyak ini bisa digunakan sebagai lauk-pauk, minyak oles dan juga bahan bakar.

Qurtubi juga menjelaskan bahwa buah zaitun mengandung banyak manfaat. Inilah pohon yang pertama kali tumbuh di bumi dan tumbuh kembali setelah peritiwa banjir Nuh dan tumbuh di rumah-rumah para nabi dan beberapa tempat suci. Buah ini bahkan didoakan dengan keberkahan oleh 70 orang nabi.

Dikutip dalam buku berjudul 'Sains dalam Al-Quran' oleh Dr. Nadiah Thayyarah menuliskan sabda Rasululllah tentang buah zaitun yang berbunyi:

"Makanlah buah zaitun dan gunakanlah ia sebagai minyak, karena ia tumbuh dari pohon yang diberkahi." (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Manfaat buah zaitun dalam Al-Qur'anManfaat buah zaitun dalam Al-Qur'an Foto: iStock

Keistimewaan buah zaitun dalam Al Quran dituangkan dalam Surat Al-Mu'minum: 20 Allah berfirman, "... dan pohon (zaitun) keluar dari bukit Sinai menghasilkan minyak dan pewarna makanan bagi orang-orang yang makan."

Minyak zaitun adalah satu-satunya minyak yang bisa langsung diminum ataupun dikonsumsi setelah diekstrak.

Dalam Buku berjudul 'Mukjizat Herbal dalam Al Quran vol 1' oleh Muhammad Hatta A. Fattah menyebut minyak zaitun mengandung Plorite "Triolein Tripalmitin", terdapat juga bahan seperti "Atachidic esters" dan sedikit mengandung "free oleic acid". Selain itu, minyak zaitun juga mengandung air dan kandungan mineralnya cukup banyak seperti kalsium dan beberapa vitamin lainnya.






Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)