Rabu, 16 Okt 2019 17:50 WIB

7 Tanaman Obat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Lusiana Mustinda - detikHealth
Tanaman obat-obatan. Foto: iStock Tanaman obat-obatan. Foto: iStock
Jakarta - Kekayaan alam Indonesia memang patut disyukuri. Ada banyak tanaman obat yang punya manfaat untuk kesehatan. Dan tanaman ini mudah ditanam di pekarangan rumah.

Beberapa tanaman telah dibudidayakan menjadi tanaman obat keluarga. Tidak hanya berasal dari daun tetapi juga umbi, batang ataupun bunga. Meskipun belum semuanya teruji secara klinis, akan tetapi kandungan alaminya ternyata bisa membantu mengatasi masalah kesehatan secara tradisional.


DetikHealth merangkum beberapa tanaman obat-obatan yang populer di Indonesia:

1. Tanaman Obat Jahe

Tanaman ini sudah pasti tidak asing lagi untuk kamu. Tanaman obat jahe dapat membuat kehangatan bagi tubuh saat cuaca dingin. Jahe yang diolah menjadi minuman hangat juga bisa mengurangi masuk angin dan sari dari jahe bisa menyembuhkan batuk karena efek hangatnya bisa membantu legakan tenggorokan.

2. Tanaman Obat Temulawak

Di Indonesia, temulawak merupakan salah satu tanaman obat yang dipercaya membawa banyak manfaat untuk kesehatan. Temulawak bisa membantu meningkatkan nafsu makan dan akar dari temulawak juga sering dimanfaatkan untuk mengtasi gangguan pencernaan hingga perut kembung.

Tanaman obat kumis kucing.Tanaman obat kumis kucing. Foto: iStock


3. Tanaman Obat Kumis Kucing

Kumis kucing jadi salah satu tanaman herbal yang digunakan untuk penyakit batu ginjal. Tanaman ini mampu merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine sehingga dapat mencegah pengendapan mineral dan garam dalam ginjal.

Kumis kucing juga sering dijadikan sebagai obat infeksi saluran kencing dengan cara meminum air rebusan daun kumis kucing.

4. Tanaman Obat Ginseng

Ginseng jadi tanaman obat keluarga yang kabarnya mampu mendapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Selain itu, ginseng juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko kanker.

5. Tanaman Obat Sambiloto

Punya rasa yang sangat pahit, tanaman obat sambiloto ini sering dijuluki sebagai "King of Bitter". Sambiloto disebut dapat menurunkan gula darah, tekanan darah serta melindungi jantung.

Tanaman ini banyak ditemui di Indonesia. Cara untuk jadi obat bisa rebus daunnya hingga mendidih sebanyak 10 helai dan diminum rutin.

6. Tanaman Obat Daun Saga

Tanaman obat obatan seperti daun saga dapat digunakan sebagai obat batuk, panas dalam hingga sariawan. Untuk obat sariawan, kamu bisa mengunyah daun saga yang sudah dicuci bersih kemudian digunakan untuk kumur-kumur.

Sedangkan untuk obat batuk bisa merebus daun saga dengan kayu manis dan minum secara rutin.

Tanaman obat jeruk nipis untuk atasi batuk.Tanaman obat jeruk nipis untuk atasi batuk. Foto: Istock


7. Tanaman Obat Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan juga antioksidan yang dapat meredakan batuk. Konsumsi vitamin C secara rutin juga bisa meningkatkan sistem imun. Segelas air jeruk nipis atau perasan air jeruk nipis dan madu bisa bantu redakan batuk. Tanaman obat jeruk nipis ini juga bisa kamu tanaman di pekarangan rumah.






Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)