Rabu, 16 Okt 2019 20:33 WIB

Fakta Puree sebagai MPASI, Ini Lho Manfaatnya!

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: Shutterstock
Jakarta - Istilah MPASI atau Makanan Pendamping ASI tentu akrab di telinga bunda saat ini. Momen makan pertama si kecil ini sangatlah penting karena masuk dalam 1000 hari pertama kehidupan, di mana nutrisi yang masuk ke tubuh si kecil sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, momen makan pertama ini akan mengajarkan si kecil mengenal tekstur dan rasa makanan, sehingga memberikan pengalaman makan dan membantu melatih kepekaan pancaindranya.

"Momen makan pertama ini penting untuk merangsang dan menstimulasi pancaindra seperti indra pengecap, indra perasa, indra penciuman, dan motorik kasar bayi pada saat proses memberikan makan," ujar dr Muliaman kepada detikHealth baru-baru ini.


Untuk itu, lanjutnya, MPASI pertama ini bisa diberikan ketika si kecil menginjak usia 6 bulan dengan cara membuat puree atau makanan yang dihaluskan. Puree bisa dimulai dari tekstur yang sangat halus dan perlahan dikenalkan kepada tekstur yang lebih kasar.

"Puree adalah makanan yang dimasak biasanya di rebus kemudian di haluskan dan disaring sehingga konsistensinya menjadi lebih halus seperti pasta atau cairan yang kental. Puree bisa diberikan pada bayi di atas 6 bulan dengan konsistensi cairan yang kental," terangnya.

Dia menyebutkan nutrisi penting untuk si kecil bisa ini didapat dari makanan utama dan snack bernutrisi. Salah satu snack yang bernutrisi adalah buah karena mengandung vitamin dan mineral. Biasanya penyajian buah dilakukan dengan cara membuat puree.

"Pada bayi di bawah satu tahun manfaat pemberian buah sebagai tambahan vitamin dan mineral dan memperkenalkan rasa dan tekstur keras lunak kepada bayi. Sementara, pada anak di atas 1 tahun manfaat dari pemberian buah sendiri di samping vitamin dan mineral yang terdapat sudah mulai membantu saluran pencernaan," jelasnya.


Meski demikian, puree buah seringkali ribet untuk disiapkan, terlebih bagi bunda yang sibuk bekerja dan sering berpergian. Jika tak ingin melewatkan dalam mendukung kebutuhan gizi si kecil di 1000 hari kehidupannya, bunda harus siapkan alternatif nutrisi lainnya bagi si kecil.

Salah satunya, bunda bisa #Bapur atau Bawa Puree, Milna Nature Delight pada saat berpergian. Milna Nature Delight dibuat dari buah berkualitas seperti pisang, apel, peach dan jeruk. Puree Milna Nature Delight ini juga tidak mengandung gula tambahan jadi rasa manisnya berasal dari kandungan alami buah-buahan berkualitas. Terdapat kandungan protein, vitamin A, vitamin C, zat besi dan karbohidrat yang melengkapi kebutuhan harian si Kecil.

Simak Video "Penggunaan Massal Vaksin GX19 Diprediksi di Agustus 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/up)