Kamis, 17 Okt 2019 05:00 WIB

Bangun Pagi Malah Mencret? Bisa Jadi Itu Efek Stres

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Salah satu rutial pagi hari adalah buang air besar (Foto: iStock) Salah satu rutial pagi hari adalah buang air besar (Foto: iStock)
Jakarta - Bangun pagi ini perut terasa mulas dan ternyata kamu mengalami mencret, bisa jadi kamu sebenarnya sedang mengalami stres. Saat stres, banyak orang mengalami tegang otot, pikiran penuh, rasa sesak di dada, dan beberapa juga mengalami perubahan pencernaan.

Otak dan usus bisa berkomunikasi secara langsung, sehingga emosi dan fungsi kognitif bisa berdampak pada fungsi pencernaan dan sebaliknya. Maka dari itu, stres bisa mengganggu usus dan juga kesehatan pencernaan bisa berdampak pada kadar stres.

"Saat tubuh berada dalam kondisi stres, tubuh cenderung membakar melalui asam amino glutamin secara cepat. Bisa jadi karena faktanya glutamin digunakan untuk memproduksi GABA, pemancar saraf yang menghambar stres," tulis situs Mind Body Green.



Meski bagus untuk menahan stres, glutamin juga menjadi sumber energi dan building block bagi sel-sel di dalam usus, yang berarti menipisnya glutamin untuk melawan stres semakin mendorong kerusakan usus.

Beberapa riset juga telah membuktikan bahwa stres mental dapat mempengaruhi sterilitas mikrobioma di dalam usus. Sehingga bisa memberi kesempatan pada patogen untuk berkembang biak dan menyebabkan ketidakseimbangan kesehatan usus dan respons stres.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi diare ini adalah menghindari konsumsi makanan yang bisa memicu inflamasi, seperti jagung, kedelai, gluten, produk susu, dan gula. Kemudian jika kamu masih merasa stres, maka istirahatkan usus dengan makanan ringan, misal kaldu seperti pada makanan soto atau bakso.

Jika kemudian kamu sadar bahwa kamu sedang mengalami stres, hindari agar tak lagi mencret dengan mengendalikan makanan yang kamu asup. Temukan cara untuk mengatasi stres tersebut dan asupi dirimu dengan makanan yang bernutrisi agar dapat menghadapi hari.



Simak Video "Atasi Diare Pertama dengan Buat Cairan Oralit Sendiri!"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)