Kamis, 17 Okt 2019 11:50 WIB

Cara Kelola Sumber Nutrisi Bagi Penyandang Diabetes

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Diabetes hingga kini masih menjadi penyakit yang cukup banyak menjangkit banyak orang. Penyakit diabetes mellitus (DM) terbagi atas 2 tipe, pertama disebabkan oleh ketidakmampuan pankreas untuk membentuk insulin karena kelainan genetik kerusakan sejak lahir, sehingga memerlukan insulin seumur hidupnya.

"Sedangkan tipe 2 lebih disebabkan oleh gaya hidup di mana terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula, sehingga insulin tubuh tidak mampu mengontrol gula darah yang tinggi," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur kepada detikHealth baru-baru ini.

Penyakit diabetes sendiri hingga saat ini masih belum bisa disembuhkan. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menanganinya adalah dengan mengendalikan kadar gula darah, salah satunya dengan menerapkan metode 3J atau Jumlah, Jenis, dan Jadwal.


"Pada penderita diabetes yang terkontrol dengan obat atau dengan insulin biasanya dokter sudah menginformasikan untuk mengkonsumsi makanan dengan aturan dan takaran jenis dan jumlah dan jadwal yang disesuaikan dengan kondisi," ujar dr Muliaman.

dr Muliaman mencontohkan beberapa makanan yang bisa dikonsumsi penyandang diabetes seperti susu, daging, lemak, sayuran dan beragam jenis buah-buahan. Namun, perbedaanya dengan orang kondisi normal adalah dengan mengurangi jumlah, mengatur jadwal, serta memilih malkaan yang lebih sehat.

"Seperti buah jangan makan buah yang manis terlalu banyak. Jadwal makan harus teratur dengan jadwal minum obat atau suntik insulin," ujarnya.

dr Muliaman menganjurkan pola makan bagi penyandang diabetes adalah mengontrol kalori 1500 kcal/hari. Pilih jenis makanan yang mengandung karbohidrat lepas lambat seperti isomaltulosa dan pilih serat tinggi seperti inulin, rendah kolesterol dan tinggi kalsium. Adapun jadwal makan bagi penyandang diabetes, sebaiknya secara teratur 3 kali makan besar dan 3 kali makan kecil atau camilan.

"Hindari karbo-gula simple atau gula rantai pendek seperti gula pasir, buah-buahan yang terlalu manis seperti tebu, mangga, durian dan makanan tinggi kolesterol," pesannya.


Beberapa saran porsi makanan dari beberapa sumber nutrisi misalnya dengan mengisi 1/2 piring dengan sayuran seperti brokoli, wortel, dan kacang hijau. Kemudian 1/4 piringnya lagi dengan makanan berprotein (3-4 ons ikan, unggas, atau daging tanpa lemak). Sisa 1/4 piring berikutnya dengan makanan karbohidrat seperti kentang, roti, nasi, pasta, atau sayuran bertepung.

Selain menerapkan mengatur sumber nutrisi, dan pola makan, dr Muliaman menyarankan penyandang diabetes untuk rutin mengonsumsi Diabetasol dengan kandungan vitadigest pro dan indeks glikemik rendah. Diabetasol merupakan meal replacement yang dapat digunakan sebagai alternatif pengganti makan pagi dan snack malam dengan nutrisi lengkap. Setiap porsinya pun mampu mencukupi kebutuhan kalori 260 kkal.

Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/akn)