Kamis, 17 Okt 2019 14:00 WIB

Mengenal Daun Kratom, Tanaman yang Dilarang di Indonesia

Puti Yasmin - detikHealth
Foto: Polisi sita truk yang bawa 12 ton daun kratom di Palangka Raya (Antara Foto) Foto: Polisi sita truk yang bawa 12 ton daun kratom di Palangka Raya (Antara Foto)
Jakarta - Polresta Palangka Raya menyita 12 ton daun kratom yang rencananya akan diekspor ke luar negeri. Daun tersebut pada dasarnya dilarang di Indonesia karena mengandung bahan seperti obat penenang.

Rencanannya, daun kratom yang diamankan akan dibawa ke Kalimantan Barat dan setelahnya dikirim ke luar negeri. Pihak kepolisian pun langsung berkoordinasi dengan BPOM dan BNN.


Berikut fakta-fakta daun kratom yang dirangkum detikcom:

1. Saudara dengan Kopi

Daun kratom yang berasal dari pohon tropis termasuk dalam varietas kopi. Daun ini juga dikenal dengan nama Mitragyna Speciosa.

2. Obat Pencernaan

Beberapa negara menggunakan daun kratom sebagai obat. Sebab, daun kratom memiliki manfaat untuk menagtasi sakit pencernaan.



3. Ilegal

Indonesia terus mendorong larangan jual-beli daun kratom. Sebab, daun ini dinilai memiliki tingkat bahaya lebih dari 10 kali lipat di atas ganja dan kokain.

4. Penyalahgunaan

Daun kratom biasa disalahgunakan. Sebab, pada dosis rendah daun kratom justru bekerja sebagai stimulan dan pada dosis tinggi bisa bekerja sebagai stimulan.




Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)