Jumat, 18 Okt 2019 06:07 WIB

9 Obat Batuk Berdahak Tradisional yang Bisa Ditemukan di Rumah

Virgina Maulita Putri - detikHealth
9 Obat Batuk Berdahak Tradisional yang Bisa Ditemukan di Rumah Foto: istock 9 Obat Batuk Berdahak Tradisional yang Bisa Ditemukan di Rumah Foto: istock
Jakarta - Batuk berdahak merupakan penyakit yang cukup mengganggu kegiatan sehari-hari. Penyakit ini bisa membuat tenggorokan terasa sangat gatal hingga membuat suara menjadi serak.

Batuk berdahak biasanya merupakan tanda infeksi virus atau bakteri, terutama pada anak-anak. Walau berpotensi mengganggu tidur dan kegiatan sehari-hari, batuk berdahak bukan penyakit berbahaya dan bisa sembuh dengan cepat.



Jika batuk berdahak sudah sangat mengganggu, kalian tentu bisa minum obat agar bisa segera sembuh. Tapi daripada repot membeli obat di apotek, coba atasi dulu batuk berdahak menggunakan obat tradisional dan alami yang ada di rumah.

Berikut adalah 9 obat batuk tradisional dan alami yang bisa dicoba oleh anak-anak maupun dewasa, seperti dirangkum detikHealth:

1. Madu

Madu merupakan salah satu obat tradisional untuk mengatasi batuk berdahak. Kalian bisa langsung mengonsumsi madu alami atau dicampur dengan teh hangat.

Madu juga merupakan obat batuk alami untuk anak di atas usia 1 tahun. Pasalnya, madu bisa menyebabkan botulisme pada anak berusia di bawah 1 tahun.

2. Jus Jeruk

Jus jeruk kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi infeksi virus penyebab batuk berdahak deengan cepat. Kalian bisa meminum jus jeruk atau memakan buah jeruk dua kali sehari hingga gejala batuk dirasa membaik.

3. Air Putih

Saat mengalami batuk berdahak, sangat penting untuk menjaga tubuh selalu terhidrasi. Air putih, terutama air hangat, juga bisa membantu tenggorokan kalian agar tidak kering dan meradang.

4. Jahe

Jahe memiliki kandungan anti peradangan dan antioksidan yang bagus untuk melawan batuk berdahak. Caranya campurkan potongan jahe ke dalam teh hangat, dan minum dua kali sehari hingga membaik.

5. Cengkeh

Cengkeh memiliki kandungan anti bakteri yang cocok untuk melawan infeksi saluran pernapasan atas. Caranya campurkan cengkeh ke dalam air mendidih. Biarkan mendidih selama 10 menit, saring dan air cengkeh siap diminum.



6. Air Garam

Cara yang sederhana ini bisa mengobati batuk berdahak dengan cepat. Karena air garam bisa mengurangi dahak dan lendir yang ada di belakang tenggorokan dan bisa mengurangi keinginan untuk batuk.

Caranya campurkan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat, aduk hingga larut. Tunggu hingga air menjadi agak dingin dan kumur selama 30 detik.

Cara ini sebaiknya tidak dilakukan oleh anak-anak karena mereka belum bisa kumur secara benar dan menelan air garam berpotensi berbahaya.

7. Probiotik

Probiotik mungkin tidak bisa menyembuhkan batuk berdahak secara langsung, tapi probiotik bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh dengan memperkuat bakteri baik di sistem pencernaan.

Beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik tinggi antara lain yogurt alami, sup miso, kimchi, buttermilk dan masih banyak lagi.

8. Uap Panas

Uap panas bisa melegakan tenggorokan yang mengalami batuk berdahak. Caranya mandi atau berendam dengan air panas dan biarkan kamar mandi terisi dengan uap panas.

Cara lainnya adalah dengan mengisi mangkuk besar dengan air panas. Campurkan minyak esensial seperti eukaliptus atau rosemary yang bisa melegakan tenggorokan.

Tempatkan wajah di atas mangkuk dan taruh handuk di kepala agar uap tidak keluar. Hirup uap selama lima menit. Jika uap terasa terlalu panas di kulit berhenti hingga kulit menjadi normal.

9. Nanas

Obat batuk berdahak alami lainnya adalah nanas mengandung bromelain, enzim yang memiliki kemampuan anti peradangan. Bromelain juga memiliki kemampuan mucolytic yang artinya bisa menghancurkan dan menghilangkan dahak dari tubuh. (vmp/erd)