Jumat, 18 Okt 2019 14:20 WIB

Gandum Utuh vs Multigrain, Manakah yang Paling Sehat?

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Jika selama ini Anda hanya mengenal roti putih dan roti gandum, ternyata roti memiliki jenis yang cukup banyak. Ada beberapa jenis roti yang mengandung protein tinggi. Ada pula roti kaya serat sehingga baik bagi saluran cerna. Ada pula roti yang hanya terbuat dari tepung sehingga tinggi glukosa.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, pada dasarnya roti terbuat dari gandum utuh dan sari pati tepung gandum atau yang sering disebut dengan tepung terigu.

"Biasanya roti dari tepung terigu lebih halus dan lebih berasa manis. Sedangkan roti dari biji gandum utuh lebih kasar dan rasanya tidak manis tapi lebih menyehatkan," ujar dr Muliaman kepada detikhealth baru-baru ini.


dr Muliaman menjelaskan roti yang terbuat dari gandum utuh adalah roti yang berbahan dasar biji gandum utuh. Jadi masih berisi seluruh butir baik dedak (lapisan luar), endosperm (lapisan tengah tepung) dan intinya (bagian dalam nutrisi yang kaya). Bagi Anda yang sedang melakukan program diet, dr Muliaman menyarankan konsumsi roti dari biji gandum utuh.

"Roti jenis ini akan memberikan manfaat seperti serat tinggi dan dapat mengontrol gula darah tidak langsung meningkat tajam ketika di konsumsi," jelasnya.

Sementara roti multigrain memiliki arti lebih dari satu biji-bijian yang digunakan dalam membuat roti. Namun, jangan terkecoh, sebab tak berarti semua bagian dari biji-bijian dalam roti mengandung gizi. Karena itu, pilihlah roti multigrain yang benar-benar terdiri dari biji-bijian yang kaya gizi.

"Grain adalah biji bijian, memang tidak semua grain atau biji-bijian bermanfaat. Tapi pilihlah biji-bijian yang baik untuk kesehatan seperti oat, quinoa, gandum, jagung, kacang," ujar dr Muliaman

Biji-bijian seperti oat mengandung serat larut air yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sedangkan quinoa mengandung antioksidan yang dapat memelihara kesehatan tubuh dengan menangkal radikal bebas.

Sementara biji gandum utuh, yang merupakan bagian dari multigrain memang lebih sehat dari tepung gandum. Namun jika dibandingkan biji gandum dengan multigrain, menurut dr Muliaman, tentu multigrain lebih baik dan menyehatkan sebagai camilan.

"Multigrain adalah gabungan dari beberapa biji-bijian yang biasanya digabungkan dalam satu kombinasi makanan selingan atau snack tentu akan memberikan manfaat seperti serat tinggi dan dapat mengontrol gula darah tidak Langsung meningkat tajam ketika di konsumsi," jelasnya.


Salah satu yang bisa dijadikan sebagai camilan sehat yaitu Fitbar yang memiliki kandungan multigrain dari oat, gandum utuh, dan quinoa yang baik untuk tubuh. Fitbar merupakan camilan yang enak dan sehat karena bebas kolesterol dan bebas lemak trans.

Selain itu, snack bar ini memiliki kalori yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi, terutama bagi mereka yang sedang berdiet. Fitbar terdiri dari tiga varian rasa, yakni Chocolate Fitbar, Fruits Fitbar, dan Nuts Fitbar. (akn/ega)