Jumat, 18 Okt 2019 16:30 WIB

Ini Gejala Penyakit Jantung, Kenali Sejak Dini

Niken Widya Yunita - detikHealth
Ini Gejala Penyakit Jantung, Kenali Sejak Dini/Foto: Thinkstock Ini Gejala Penyakit Jantung, Kenali Sejak Dini/Foto: Thinkstock
Jakarta - Penyakit jantung bukan hanya dialami orang tua, namun yang muda pun bisa terkena. Kenali gejala penyakit jantung sejak dini.

Penyakit jantung adalah kondisi jantung mengalami gangguan. Penyakit ini merupakan penyebab kematian terbanyak di dunia. Karena itu kenali gejala penyakit jantung sejak awal.

Berikut gejala penyakit jantung:



1. Nyeri Dada

Gejala penyakit jantung antara lain nyeri dada. Gejala ini terjadi saat otot-otot jantung tidak memperoleh cukup darah yang kaya dengan oksigen.

Rasa nyeri dapat berlangsung selama beberapa hari ataupun minggu. Nyeri juga dapat menjalar ke lengan, leher, bahu, rahang, hingga punggung. Gejala penyakit jantung ini bisa dialami pria, wanita, dan remaja.


2. Sesak Napas

Sesak napas merupakan salah satu gejala penyakit jantung pada pria, wanita, dan anak. Penyebabnya aliran darah kurang lancar karena kurangnya oksigen akibat fungsi jantung yang tidak normal. Sesak napas biasanya mungkin terjadi bersamaan dengan nyeri dada.

3. Pusing

Jangan menyepelekan jika kepala pusing. Apalagi pusing yang disertai sensasi seperti akan pingsan, kepala terasa berat atau melayang, badan lemas, dan penglihatan kabur.

Pusing bisa dikaitkan dengan gejala penyakit jantung. Misalnya gejala penyakit jantung koroner, penyakit aritmia jantung, gagal jantung, jantung koroner, dan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2