Jumat, 18 Okt 2019 23:00 WIB

7 Obat Tidur Alami untuk Atasi Insomnia

Virgina Maulita Putri - detikHealth
7 Obat Tidur Alami untuk Atasi Insomnia Foto: Istimewa 7 Obat Tidur Alami untuk Atasi Insomnia Foto: Istimewa
Jakarta - Mendapatkan tidur yang cukup di malam hari sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bagaimana tidak, tidur cukup setiap malam bisa mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung, diabetes, stroke dan obesitas.

Tapi, faktor eksternal bisa membuat kita kesulitan tidur hingga menderita insomnia. Akibatnya semakin banyak orang yang memiliki kualitas tidur yang buruk.



Jika kalian menderita insomnia, jangan buru-buru membeli obat tidur di apotek. Karena banyak bahan-bahan alami yang bisa kalian konsumsi sebagai obat tidur.

Berikut ini 7 obat tidur alami untuk mengatasi insomnia yang dirangkum detikHealth:

1. Susu Hangat

Sebelum tidur, coba minum satu gelas susu hangat. Susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang bisa merangsang otak untuk memproduksi hormon melatonin yang bisa membantu tidur lebih cepat.

2. Akar Valerian

Akar Valerian sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat tidur herbal di Amerika Serikat dan Eropa. Tanaman ini bisa menenangkan dan membantu kalian tertidur.

3. Lavender

Wangi bunga lavender yang menenangkan ternyata bisa menjadi obat tidur tradisional. Studi menemukan bahwa menghirup aroma minyak lavender selama 30 menit sebelum tidur bisa membantu mengatasi insomnia ringan.

4. Teh Herbal

Teh herbal seperti teh chamomile bisa membantu kalian tidur lebih cepat. Pasalnya chamomile mengandung flavonoid apigenin yang bisa menenangkan otak dan mengurangi rasa cemas, sehingga memudahkan kalian tertidur.

Caranya, minum satu cangkir teh chamomile setelah makan malam. Jangan minum terlalu dekat dengan waktu tidur agar tidak terbangun di malam hari karena ingin buang air kecil.



5. Magnesium

Studi menyebutkan jika tubuh kekurangan magnesium bisa mengakibatkan insomnia dan tidur kurang nyenyak. Karena, magnesium memiliki kemampuan untuk meregulasi produksi melatonin, hormon yang bisa mengatur siklus tidur.

Kalian bisa mendapatkan asupan magnesium dari makanan. Beberapa makanan sumber magnesium adalah sayuran hijau, pisang, almond dan gandum.

6. Glycine

Glycine adalah asam amino yang berperan dalam membantu tubuh tertidur lelap tiap malam. Glycine bisa menurunkan temperatur tubuh saat malam menjelang, menandakan bahwa kalian siap untuk tidur.

Kalian bisa mendapatkan asupan glycine dari makanan maupun suplemen. Makanan yang mengandung glycine antara lain daging, telur, ikan, kacang-kacangan, bayam, kale, pisang, kiwi dan masih banyak lagi.

7. Tryptophan

Obat tidur alami lainnya yang bisa kalian konsumsi adalah makanan yang mengandung tryptophan. Tryptophan sendiri adalah asam amino yang bisa menghasilkan serotonin yang kemudian bisa diubah menjadi melatonin.

Makanan yang mengandung tryptophan antara lain biskuit cracker, bibit gandum, kuaci dan pisang.

Selain tujuh obat tidur alami di atas, kalian bisa mencoba mengubah gaya hidup agar bisa tidur lebih cepat dan lelap. Misalnya dengan melakukan yoga, meditasi dan olahraga atau dengan membatasi asupan alkohol, kafein dan nikotin.

Tidak hanya itu, selalu matikan cahaya buatan di dalam kamar, termasuk layar TV, ponsel atau laptop. Pasalnya cahaya biru yang dipancarkan perangkat-perangkat ini bisa mengganggu siklus tidur kalian. (vmp/erd)