Sabtu, 19 Okt 2019 11:45 WIB

Siapa Pribumi Indonesia yang Sebenarnya? Ini Kata Ahli Genetik

Rosmha Widiyani - detikHealth
Menurut peneliti tidak ada suku tertentu yang bisa dibilang pribumi Indonesia. (Foto: Ilustrasi Edi Wahyono) Menurut peneliti tidak ada suku tertentu yang bisa dibilang pribumi Indonesia. (Foto: Ilustrasi Edi Wahyono)
Jakarta - Seperti bangsa lain, tentu ada cerita asal-usul orang Indonesia. Namun berbeda dengan bangsa lain yang punya asal-usul spesifik, orang Indonesia punya cerita sedikit berbeda.

"Asal-usul kita dipengaruhi migrasi para leluhur yang kemudian diwariskan ke tiap generasi. Ada Afrika, Asia daratan yang turun hingga Filipina, India, dan Arab. Untuk Arab juga bukan yang seluruhnya asli. Gelombang migrasi inilah yang memberikan keragaman DNA," kata periset genetik Prof Herawati Sudoyo, PhD, dari Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman pada detikcom.


Migrasi tersebut disebabkan berbagai hal yang didorong tujuan bertahan hidup. Selain wilayah yang telah disebutkan, Prof Hera juga menyebut Eropa sebagai asal usul orang Indonesia lainnya.

Dengan keragaman ini, tidak heran bila orang Indonesia memiliki DNA (deoxyribonucleic acid) yang kompleks. Hal ini juga jadi jawaban bahwa sebetulnya tidak ada suku tertentu yang bisa dibilang menjadi asal mula atau pribumi orang Indonesia.

"Sebelumnya sudah sering dikatakan, susah menjawab orang Indonesia dari suku yang mana. Kita punya lebih dari 500 suku. Masing-masing suku punya DNA kompleks yang menjadi sumber keragaman asal orang Indonesia," kata Prof Hera.



Simak Video "Idap Penyakit Langka, Wanita Ini Menua dengan Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)