Senin, 21 Okt 2019 06:01 WIB

Sikat Gigi Sebelum atau Setelah Sarapan, Mana yang Lebih Baik?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kelihatannya simpel, gosok gigi ternyata banyak aturannya (Foto: Thinkstock) Kelihatannya simpel, gosok gigi ternyata banyak aturannya (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Sikat gigi sebelum atau setelah sarapan kerap menjadi dilema. Sikat gigi setelah sarapan dianggap lebih baik, karena mencegah penampilan tampak buruk karena sisa makanan yang nyelip atau bau napas.

Namun demi kesehatan gigi, kebiasaan tersebut tampaknya perlu diubah. Dikutip dari situs Dakota Dental, sikat gigi lebih baik dilakukan sebelum sarapan. Selanjutnya jangan lupa kumur untuk membersihkan sisa sarapan dan mencegah bau napas.

"Sikat gigi sebaiknya sebelum sarapan. Jika harus dilakukan setelah sarapan sebaiknya beri jeda 30 menit. Waktu tunggu menjamin tingkat keasaman di mulut kembali normal. Jika ingin lebih cepat bisa dilakukan dengan berkumur air putih, yang punya tingkah keasaman cenderung basa," kata Dr Scott Frey dari Freysmiles.



Langsung sikat gigi setelah makan atau minum, apalagi yang mengandung asam, berisiko membahayakan lapisan pelindung gigi. Dengan enamel yang lemah, gigi bisa mengalami abrasi dan makin sensitif.

Keuntungan lain adalah mengembalikan salivation process dalam rongga mulut. Air liur yang menutupi rongga mulut memudahkan proses mengunyah dan mengolah makanan. Sikat gigi sebelum sarapan juga memberi lapisan fluoride untuk melindungi dari asam dan gula yang berisiko merusak gigi.



Simak Video "3 Ide Sarapan Sehat yang Simple ala Petite Diva"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)