Senin, 21 Okt 2019 07:00 WIB

Mulut Terasa Pahit Saat Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Bangun tidur seharusnya terasa lebih bugar (Foto: thinkstock) Bangun tidur seharusnya terasa lebih bugar (Foto: thinkstock)
Jakarta - Mungkin Anda pernah merasakan bangun tidur dengan keadaan mulut yang terasa pahit. Tidak hanya itu, keadaan mulut ini juga datang bersamaan dengan kondisi mulut kering dan juga bau.

Bau mulut ternyata menjadi faktor yang sering menyebabkan rasa pahit pada mulut. Hal ini terjadi karena pada saat tidur apalagi dengan mulut terbuka, dapat membuatnya kering dan itu meningkatkan kadar pahitnya. Jika mulut kering, partikel makanan yang tersisa di dalam mulut akan mengendap dan menyebabkan bau serta rasa yang tidak enak, yaitu pahit.

Dikutip dari Livestrong, beberapa dokter ahli gigi mencurigai, keadaan mulut yang kering dan pahit ini disebabkan adanya kerusakan pada gigi. Selain itu, alergi atau infeksi sinus juga bisa jadi penyebab lain dari mulut pahit.



Pengobatan

Untuk mengurangi rasa pahit di mulut, bisa diatasi dengan menyikat gigi sebelum dan setelah tidur, untuk meminimalisir sisa makanan yang tersisa di sela gigi. Sikat pada bagian lidah, gusi dan langit-langit mulut untuk menghilangkan bakteri berlebih. Sebagai alternatif, bisa berkumur dengan air garam guna membunuh bakteri yang menyebabkan mulut bau dan rasa pahit yang muncul.

Pencegahan

Sebagai pencegahannya, perbanyak minum air saat siang hari untuk mencegah mulut kering. Saat tengah malam, juga sempatkan untuk meminum segelas air. Untuk memperbanyak produksi air liur, bisa diakali dengan mengunyah permen karet. Hal yang paling penting, jangan pernah melewatkan menyikat gigi sebelum tidur.



Simak Video "5 Tips Agar Bangun Pagi Jadi Lebih Mudah"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)