Senin, 21 Okt 2019 08:32 WIB

Kaget Bibir Bengkak Saat Bangun Tidur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi bibir bengkak. Foto: thinkstock Ilustrasi bibir bengkak. Foto: thinkstock
Jakarta - Pernahkah kaget mendapati bibir bengkak saat bangun tidur? Kondisi ini pasti bikin seseorang langsung berpikir kira-kira apa penyebabnya.

Umumnya, penyebab bibir terlihat membesar saat bangun tidur karena adanya penumpukan cairan. Sejumlah cairan menumpuk pada jaringan bibir dan membuat bentuknya tampak bengkak dan membesar.

Berikut ini mungkin bisa jadi penyebab lain dari bibir bengkak yang dikutip dari Healthline.



1. Reaksi alergi

Salah satu penyebabnya bisa karena alergi. Alergi terhadap apapun yang berkaitan dengan tubuh bisa jadi pemicu bibir bengkak. Penyebab alergi bisa terjadi karena obat-obatan, makanan, minuman, dan debu. Beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan alergi seperti penisilin dan antibiotik.

2. Bibir pecah-pecah

Jika bibir bengkak yang dialami saat bangun tidur disertai dengan kondisi bibir pecah-pecah, bisa jadi penyebabnya adalah cuaca. Umumnya, setiap orang yang lebih banyak menghabiskan waktu di bawah terik matahari, rentan mengalami kondisi bibir yang kering.

Saat bibir kering, secara tak sadar pasti orang itu akan menjilat bibir agar kembali lembab. Alih-alih lembar, malah akan membuatnya tambah kering dan pecah-pecah. Ketika bibir kering, pecah-pecah, dan mengelupas, tak jarang bibir jadi bengkak saat baru bangun tidur.



3. Infeksi kulit

Infeksi ini dapat terjadi saat jerawat yang muncul di sekitar bibir dan membuatnya membesar yang mungkin akan lebih terlihat saat bangun tidur. Selain itu, infeksi herpes yang terjadi di sekitar mulut juga akan berdampak pada pembengkakan bibir.

4. Cedera

Terkadang, tanpa sadar kita mungkin pernah melalukan sesuatu hingga membuat bagian bibir terluka. Misalnya terjadi saat mengunyah makanan ataupun terbentur hingga meninggalkan luka.

Kondisi ini yang membuat bibir membesar dan membengkak hanya dalam waktu semalam. Bengkak yang muncul saat bangun tidur bisa meliputi munculnya luka, memar, atau goresan.

Selain penyebab di atas, terlalu sering tidur dengan posisi miring juga tanpa sadar menekan permukaan bibir hingga membuatnya bengkak.



Simak Video "Wanita Ini Mendadak Alergi Air Usai Melahirkan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)