Senin, 21 Okt 2019 13:34 WIB

5 Reaksi Tubuh Saat Deg-degan Menunggu Pengumuman Menteri

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Dalam waktu dekat Jokowi akan mengumumkan kabinet baru (Foto: Rifkianto Nugroho) Dalam waktu dekat Jokowi akan mengumumkan kabinet baru (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Pengumuman kabinet oleh Presiden Jokowi akan dilakukan pada hari ini, Senin (21/10). Jelang pengumuman siapa saja menteri yang akan kerja bareng 'Pak Dhe', rasa deg-degan nan cemas bisa menyerang.

Harap-harap cemas menunggu pengumuman menteri bisa jadi buah dari rasa penasaran orang-orang seperti apa yang bakal melanjutkan pemerintahan. Dikutip dari Bustle, berikut hal yang bisa dirasakan tubuh saat nervous melanda.



1. Denyut Jantung Meningkat

Jantung yang berdebar lebih cepat adalah efek dari kecemasan yang bikin Anda bisa lebih nervous lagi. Hal itu disebabkan oleh gelombang adrenalin yang muncul bersama rasa cemas. Saraf simpatik yang menjadi waspada saat gugup juga memicu jantung berdetak kencang. Hiperventilasi atau napas berlebihan yang muncul bersama stres turut menyebabkan denyut jantung meningkat. Tenang, detak jantung yang naik saat nervous tidaklah berbahaya, namun bisa mengancam kesehatan pada jangka waktu yang panjang. Latihan napas dapat membantu Anda mengatasinya.

2. Berkeringat

Menunggu-nunggu jawaban pasti memang sering bikin nervous. Bukan cuma deg-degan, tapi juga keringat mengucur deras. Tubuh akan bereaksi ketika hormon stres aktif dan menanggapi 'bahaya' yang dirasakan. Kita akan lebih banyak mengeluarkan keringat lewat kulit saat sedang stres. Selain itu, suhu tubuh juga ikut meningkat, sehingga perlu berkeringat untuk mendinginkannya.

3. Menguap

Menguap dalam hal ini bukan karena ngantuk, lho, melainkan efek dari rasa cemas. Banyak dari kita yang bernapas lebih cepat saat nervous, yang kemudian memicu tubuh menguap karena terasa udara kurang. Menguap adalah cara untuk mendapat napas yang dalam. Akibat rasa gugup, menguap berlebihan dapat timbul karena perubahan fisik yang lain, seperti jantung berdetak kencang, otot mengencang.



4. Perut Kembung

Bernapas yang cepat saat stres menunggu pengumuman bukan cuma membuat perut kembung, tetapi juga mempengaruhi asam lambung. Saat cemas, asam lambung 'terkocok' yang menghasilkan gas dan sendawa. Ketika stres dan cemas melanda, cobalah makan perlahan agar pencernaan tak terganggu.

5. Muncul Jerawat

Banyak orang yang tiba-tiba dapat jerawat yang masif menyerang selama masa ujian atau menghadapi rasa cemas menunggu sesuatu. Tubuh menyekresi kortisol lebih banyak dibanding hari biasa saat kita nervous. Reaksi tersebut membuat kelenjar di dalam kulit lebih banyak memproduksi keringat, dan BUM! Muncullah banyak jerawat. Belum lagi, kita kerap melupakan kesehatan kulit dan makan sembarangan selama stres. Kebiasaan menggaruk dan memencet jerawat saat nervous turut dapat memicu jerawat langgeng.



Simak Video "Penjelasan soal Viral Posisi Duduk Jokowi yang Fleksibel"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)