Senin, 21 Okt 2019 18:00 WIB

Seperti Apa Pengolahan Air Murni untuk Pelarut Makanan Si Kecil?

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tumbuh kembang optimal diperlukan selama periode 1.000 hari pertama kehidupan si kecil. Karenanya, ia memerlukan air minum alami untuk melarutkan susu atau makanan pendamping ASI. Sebab, sistem imunitas tubuh yang masih lemah mengharuskannya terjaga dari berbagai bakteri apapun.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur sistem imunitas tubuh bayi yang belum sempurna menyebabkannya rentan menderita diare. Itu terjadi ketika bayi sudah diperkenalkan dengan susu formula atau MPASI. Karena itu, penting memberi air pelarut yang sesuai dengan pencernaan tubuhnya.

"Kondisi ini disebut dengan food bourne disease, penyakit ini disebabkan karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang tercemar. Pada anak sering penyebabnya dari sumber air bersih waktu membuat MPASI, air membuat susu formula, makanan bubur dan air minum," ujar dr Muliaman kepada detikHealth baru-baru ini.



Banyak yang menganggap bahwa air yang dipakai sebagai pelarut bubur atau susu si kecil cukup dengan air kemasan atau air rebusan dari keran. Padahal, dikatakannya, pemilihan jenis air yang sesuai untuk menyiapkan susu atau makanan si kecil ini penting untuk melindungi nutrisinya.

"Kalau kita perhatikan label di susu maupun makanan yang dikonsumsi bayi dan anak sudah banyak kandungan zat gizi. Di antaranya adalah vitamin dan mineral, yang baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya," terang dr Muliaman.

"Apabila orang tua salah mengolah bahan-bahan untuk campuran susu atau membuat bubur si kecil, misal, memasaknya terlalu lama atau tidak menggunakan jenis air yang berkualitas baik. Tentunya ini akan memengaruhi kandungan gizinya," imbuhnya.

Maka dari itu, dr Muliaman menyarankan tiap orang tua perhatikan kebersihan sumber air dan kandungan air terutama saat mau melarutkan susu formula. Air demineral atau bebas mineral, air yang ideal untuk digunakan sebagai pelarut susu atau makanan pendamping ASI, karena tidak akan mengubah kemurnian nutrisinya.



Salah satu air demineral yang bisa dipilih adalah Morinaga Heiko+ Water. Air demineral ini sudah melalui 8 proses tahapan pengolahan sehingga terjamin secara kualitasnya. Proses tersebut di antaranya, air ini dipilih dari kedalaman sumber air pegunungan (artesian water source).

Morinaga Heiko+ Water tentu steril dan higienis karena bebas dari bakteri, virus, parasit, maupun jamur. Air demineral ini pun tidak akan mempengaruhi jumlah mineral dari makanan yang diolah menggunakan air.

Sehingga Morinaga Heiko+ Water pun memiliki berbagai manfaat dan dapat digunakan untuk melarutkan susu bubuk, bubur, biskuit bayi, dan makanan lainnya, serta dapat dikonsumsi langsung oleh seluruh anggota keluarga.

Simak Video "Sambut Bahagia Kelahiran Bayi Kembar 3 di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(ujm/ujm)